Wed. Aug 5th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Fachrori Serahkan Sapi Qurban Berbobot 862 kg Bantuan Presiden Jokowi

3 min read

JAMBIDAILY EKONOMI – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum menyerahkan satu ekor  sapi qurban bantuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Sapi qurban berjenis Simental dengan berat 862 kg ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Idul Adha tahun 1441 Hijriyah/ 2020 Masehi  kepada pengurus Masjid Addin RT 08/ 02 Desa Mendalo Darat,  Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (30/7).  Bantuan sapi kurban berbobot 862  kg ini diberikan Gubernur usai melaksanakan sholat Ashar di Masjid tersebut dan  diterima langsung oleh pengurus Masjid Addin, Bambang Wahyuddin. Tampak hadir di tempat tersebut Pj. Sekda Provinsi Jambi Sudirman, SH,MH, Asisten Setda Provinsi Jambi, jajaran pemerintah Kabupaten Muaro Jambi yaitu Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, dan Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi Yuli Setia Bakti, dan unsur pejabat Kecamatan dan desa Mendalo Darat, juga Kepala OPD lingkup pemerintah Provinsi Jambi .

Dalam penyerahan sapi kurban tersebut, Fachrori berharap agar masyarakat merasakan kebersamaan mendapat daging kurban. Dijelaskan Gubernur bahwa penyerahan hewan kurban berupa satu ekor sapi dari Presiden Joko Widodo diperuntukkan bagi masyarakat. “ Sapi kurban yang diberikan untuk masyarakat juga pernah dibagikan tahun-tahun sebelumnya di tempat yang berbeda. Idul Adha tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan konsumsi, namun mengandung hikmah dan makna solidaritas sesama manusia. Daging ini akan dibagikan kepada fakir miskin dalam artian sebagai muslim hendaknya memperhatikan kehidupan orang lain di sekitarnya, terutama mereka yang lebih ekonominya, sangat baik jika berbagi dengan sesama” ujar Fachrori.

Dilanjutkan Gubernur bahwa Idul Adha, memiliki makna keikhlasan untuk berbagi. “Idul Adha merupakan manifestasi dari ketulusan berkorban dan kerendahan hati untuk melakukan refleksi historis dalam mengenang perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail. Selain sebagai bentuk ketaatan, ibadah kurban juga menjadi momen penting untuk meneguhkan kembali  rasa empati, dimana kita rela menyisihkan harta yang kita miliki untuk berbagi. Dengan saling berbagi antara mereka yang kaya memberikan kepada yang berkekurangan, sehingga akan tercipta kesejahteraan masyarakat,” jelas Fachrori.

Makna kedua Idul Adha, lanjut Fachrori, meneladani pemuda seperti Nabi Ismail yang tanpa keraguan mengorbankan diri untuk berkurban. Pengorbanan ini akan mendekatkan diri kepada Allah dan sesama, dengan pengorbanan akan menghilangkan kesenjangan antara  kaya dan miskin sehingga tercipta tolong menolong yang akan berdampak pada kedamaian. “Jika kita sadari, perintah untuk saling berbagi dan membantu tidak lain adalah cara nyata manusia untuk mendapatkan kebahagiaan hakiki. Sebagai makhluk sosial, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam hidup, manusia pasti membutuhkan pertolongan orang lain. Penting kiranya selalu kita tumbuh kembangkan sikap saling menyayangi dan menghormati antar sesama. Inilah makna utama dari Hari Raya Idul Adha,” ungkap Fachrori.

Pengurus Masjid pengurus Masjid Addin, Bambang Wahyuddin menyampaikan ungkapan terima kasih, atas inisiatif dari pemerintah pusat memberi bantuan hewan kurban untuk dapat dinikmati masyarakat di sekitar RT 08/ 02 Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. “Terima kasih atas bantuan hewan kurban dari Presiden dan bantuan Gubernur Jambi, semoga barokah dan menjadi amal ibadah bagi bersama, dan kami akan menjalankan amanah yang diberikan kepada kami. Kami pun berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah hadir di tempa ini dan menyerahkan langsung bantuan sapi dari Bapak Presiden” ungkap Bambang. (Maria/ Foto: Agus Supriyanto, Kamerawan: Latib/Humas pemprov Jambi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *