Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sudirman Ajak Forum Pembauran Kebangsaan Wujudkan Jambi yang Damai

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH mengajak Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Jambi bersama-sama membangun Provinsi Jambi sesuai dengan program-program yang telah dibuat dengan bidang masing-masing, terutama menyatukan suku-suku, etnis, dan agama, supaya bisa hidup berdampingan dengan damai dan tentram di Provinsi Jambi. Ajakan tersebut disampaikan Pj.Sekda saat menerima Silaturrahmi Tim Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Jambi, di Ruang Rapat Sekda, Kantor Gubernur Jambi, Kamis (30/07/2020).

Sudirman mengharapkan dengan adanya kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Jambi, keharmonisan antar suku bangsa, ras, dan agama yang ada di Provinsi Jambi dapat dirawat, ditingkatkan kebersamaan, sehingga persatuan dan kesatuan dalam menuju kekompakan di Provinsi Jambi bisa terwujud aman dengan berkeadilan mencapai kesejahteraan masyarakat.

“Saya juga mengharapkan FPK memberikan manfaat, jalankan  secara rutin, perluas cakupan, disamping forum-forum yang lain, FPK yang terdepan untuk menjaga ketertiban, ketenteraman, kerukunan dan kedamaian di Provinsi Jambi,” ujar Sudirman.

Sudirman mengatakan bahwa FPK adalah wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara, dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

Sudirman menegaskan, Pemerintah Provinsi Jambi menyambut baik silaturahmi yang diselanggarakan oleh anggota dan ketua FPK Provinsi Jambi, sebagai diskusi yang meningkatkan persatuan dan kesatuan. ”Pemerintah Provinsi Jambi siap berkoordinasi tentang sinergisitas, maka dari itu tugas FPK Provinsi  Jambi adalah pertama, menjaring aspirasi masyarakat dibidang pembauran kebangsaan, kedua menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat dan masyarakat,” jelas Sudirman.

“Pertemuan silaturahmi ini membentuk  koordinasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat, dengan adanya FPK ini semoga dapat terjalin komunikasi, konsolidasi yang memelihara persatuan bangsa. Ada beberapa program yang sudah direncanakan oleh tim FPK untuk perlu dikoordinasikan bersama Kesbangpol Provinsi Jambi agar tidak tumpang tindih,” terang Sudirman.

BACA JUGA:  Masjid An-Nur Adakan Aneka Lomba Sambut Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H

Sementara itu, Ketua FPK Provinsi Jambi H.M.Hatta Arifin,BBA,SE mengatakan, kehadiran FPK sangat dibutuhkan untuk kebutuhan NKRI yang sangat rentan terhadap konflik. “Perlu pembauran antar suku agar fanatisme kesukuan tidak memicu konflik. Sekecil apapun persoalan sosial harus segera terselesaikan agar tidak menjadi besar. Kita ini hadir untuk mendinginkan situasi sewaktu panas, maksudnya kita mempunyai kewajiban menjariang aspirasi warga etnis, suku yang ada di Provinsi Jambi, dibina untuk hidup berdampingandengan aman damai. Sebagai makhluk sosial, kita harus saling menolong dalam kehidupan,” ungkap Hatta Arifin. (Sapra Wintani/edit: Mustar, foto: Mulyadi, video: Ardi/Humas Pemprov Jambi).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *