Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Satu ASN Positif Covid-19, Disbudpar Provinsi Jambi Gerak Cepat Cegah Penyebaran

2 min read

DR Sri Purnama Syam SST M.Sn/Foto: @jektv.co.id

JAMBIDAILY JAMBI – Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi gerak cepat, cegah penyebaran pasca terdapatnya Satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) terkonfirmasi positif covid-19 yang diumumkan pada 29 Juli 2020 lalu.

ASN tersebut terdata sebagai pasien 151 dengan Inisial SS dan sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mitra Jambi, dibenarkan oleh Johansyah selaku juru bicara pemerintah provinsi Jambi (Senin, 04/08/2020) “Untuk riwayat SS, dirilis pemerintah pusat karena adanya penyakit infeksi paru-paru (komorbid),” Ujarnya.

Lalu Johansyah, melalui keterangan tertulisnya memaparkan bahwa Dalam rangka pengawasan penyebaran Covid-19 di Perkantoran Pemerintah Provinsi Jambi, TIM Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan telah melakukan Pemeriksaan Rapid Test secara massif kepada ASN dan PTT di lingkungan OPD

“Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dilakukan Rapid Test sebanyak 72 orang, sebagai tindak lanjut ditemukannya pasien terkonfirmasi di Instansi tersebut dengan hasil 3 orang yang reaktif. Ketiga orang yang reaktif ini akan segera diambil swabnya, dan mereka telah melakukan isolasi mandiri di rumah,” Tulisnya sebagaimana dikutip jambidaily.com (Selasa, 04/08/2020).

“Dinas PU PERA telah dilakukan Rapid Test sebanyak 81 orang dan hasilnya non reaktif, Bapak Sekda selaku Wakil Gugus Tugas sudah memerintahkan kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi untuk membuat jadwal hari kerja bergantian atau shif kerja bagi ASN dan PTT. Perjalanan Dinas dapat dilakukan dengan melihat Urgensinya,” Pungkasnya.

Terkait hal tersebut, Plt Kepala Disbudpar Provinsi Jambi DR Sri Purnama Syam SST M.Sn, melakukan tindakan cepat dan terukur agar penyebaran tidak meluas.

“Sementara sesuai arahan kerja sistem shif (bergantian-red), Mengingatkan ASN untuk menjaga kesehatan, Tetap menerapkan protokol kesehatan covid, Tanggung jawab dengan pekerjaan tetap dijalankan, Penyemprotan kantor sudah dilaksanakan,” Terang Sri Purnama Syam, kepada jambidaily.com (Selasa, 04/08/2020).

“Kalau masalah covid nya kan ada tim gugus ya yang menjelaskan, karena kami diberitahu bahwa ada staf disbudpar yang positif satu orang, maka kami meminta dilakukan rapid test, yang reaktif sudah melaksanakan isolasi mandiri, dan sudah berkordinasi dengan pihak terkait,” Jelasnya menambahkan.

Sri Purnama Syam, pada kesempatan ini berpesan kepada seluruh ASN di lingkup Disbupdar provinsi Jambi hingga UPTD, agar tidak lengah baik aktivitas di dalam kantor maupun di luar sesuai protokol kesehatan.

“Tetap jaga kesehatan, istirahat yang cukup, tetap menerapkan aturan protokol kesehatan dalam aktivitas baik dikantor maupun di luar kantor. Tetap menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Sebagai umat yang beragama, tetap berdoa dan serahkan segala kepada Sang Pemilik Alam,” Tandasnya.

 

 

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *