Mon. Sep 28th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Desa Bebas Api Tuo Sumay Binaan Asian Agri, Menjadi DBA Percontohan

2 min read

Penyerahan Reward DBA oleh Head & CSR AA Ir. Welly Pardede

JAMBIDAILY, JAMBI – Asian Agri melalui unit bisnisnya PT. Rigunas Agri Utama (RAU) memberikan apresiasi dana pembinaan bagi masyarakat yang peduli dengan bahaya Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan).

Yang beruntung menerima hadiah dari Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasional di Sumatera Utara (Sumut), Riau dan Jambi, adalah Desa Tuo Sumay.

Desa Tuo Sumay memperoleh reward sebesar Rp 100 juta, karena telah berhasil memprogramkan Desa Bebas Api yang diprakarsai Asian Agri sejak tahun 2016 di Provinsi Jambi.

Head HSE & CSR Asian Agri, Ir. Welly Pardede mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang sudah mendukung, mendorong program Desa Bebas Api (DBA) berjalan dengan baik khususnya di wilayah Desa Tuo Sumay ini.

“Kegiatan DBA ini kita lakukan dalam upaya mencegah karhutla. Saat ini, program telah berjalan ada di Provinsi Riau dan Jambi. Untuk Jambi telah dimulai sejak 2016 di dua desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ujarnya, 13 Agustus 2020.

Dan tahun ini, lanjut Welly, di Kabupaten Tebo tepatnya di Kecamatan Sumay, yakni ada lima desa; Desa Tuo Sumay, Desa Teriti, Desa Muaro Sekalo, Desa Suo-Suo dan Desa Semambu yang telah memprogramkan DBA.

“Penyerahan reward ini merupakan apresiasi perusahaan kepada masyarakat yang bisa menjaga terbebas dari titik api atau karhutla,” ujarnya.

Adapun syarat bagi desa untuk memenangkan hadiah Rp 100 juta ini, yakni tidak ada karhutla, jika ada dibawah 1 hektar akan dikurangi menjadi Rp 50 juta , jika lebih dari 1 hektar maka tidak mendapatkannya sama sekali.

Sementara itu, Kapala Desa Tuo Sumay, Khairul Hayat sangat bangga dapat menerima hadiah ini. “Semoga desa kami semakin perduli kepada bahaya karhutla, Mudah-mudahan program yang akan kita laksanakan kedepan benar-benar menyentuh masyarakat melalui reward ini,” ucapnya.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepedulian perusahaan Asian Agri – PT. Rigunas Agri Utama, karena telah membina desa kami melalui program DBA, sehingga bisa kita jaga tidak ada terjadi karhutla ataupun titik api di wilayah Desa Tuo Sumay,” cetusnya.

Kapolsek Sumay, Iptu M Faisal Siregar SH mengatakan, jadikan reward yang diberikan perusahaan Asian Agri sebagai motivasi untuk lebih peduli karhutla.

“Desa Tuo Sumay telah menjadi desa percontohan Desa Bebas Api di Kabupaten Tebo, hal ini sudah disepakati oleh Kapolda Jambi dan Danrem,” ujarnya.

Jadi, harap Kapolsek, mari seluruh warga desa menjaga kepercayaan ini. “Kita jaga pos-pos penjagaan supaya jangan terjadi titik-titik api di wilayah kita ini,” jelasnya.

Elpan sebagai Babinsa mewakili Danramil Sumay mengungkapkan, dengan adanya pendampingan PT RAU maka masyarakat dapat menjaga karhutla.

Turut hadir GM PT. RAU Bibit Sembiring; Manager SSL P3, Liharman Purba; Manager Damkar Asian Agri, Hafis Hazalin Sinaga; Manager Plasma KLO, Adensius Tarigan; Manager PBT Muhammad Akbar; Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Jambi, Rudy Jasthon S; Humas PT RAU, Ahmad Bestari; bersama jajaran aparat dan warga desa setempat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *