Wed. Sep 23rd, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dandim Sarko Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-75

2 min read

JAMBIDAILY – Merangin, Komandan Kodim 0420/Sarko, Letkol Inf Tomy Radya Diansyah Lubis, S.A.P.,M. Han,. memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75, Minggu (16/8/2020) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Patriot Bhakti Merangin.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut yang diselenggarakan tingkat Pemkab Merangin tanpa mengurangi standar protokol kesehatan dimasa New Normal pandemi Covid-19, dengan menerapkan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) serta cek suhu tubuh bagi para peserta dari Forkopimda Kabupaten Merangin beserta pejabat TNI dan Polri dan perwakilan OPD Merangin.

Dalam pelaksanaan renungan suci, Dandim mengatakan kata-kata yang begitu tegas dan penuh rasa hormat, “Kami hadir guna menyatakan rasa hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara bangsa Indonesia ini”.

“Kami bersumpah dan berjanji, bahwa perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Semoga arwah saudara diterima Tuhan YME dan dapat tempat sewajarnya,” imbuhnya.

Usai apel renungan suci, Dandim Sarko,Letkol Inf Tomy RD Lubis, mengatakan bahwa generasi muda diharapkan bisa lebih memaknai arti dari Kemerdekaan itu sendiri.

“Kita generasi muda supaya tahu, bahwa perjuangan bangsa Indonesia ini tidaklah mudah, perjuangan sampai titik darah penghabisan, sehingga kita harus menghormati hasil karya bangsa yang besar ini yaitu jasa – jasa Pahlawan kita,” ucapnya.

Dandim juga berharap agar para generasi muda saat ini bisa lebih menjaga keutuhan NKRI, karena perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan bangsa ini tidaklah mudah.

“Karena itu kesatuan dan persatuan harus tetap kita jaga, dengan harapan, generasi saat ini dapat memegang tongkat estafet untuk kepemimpinan yang lebih baik kedepan,” pesannya. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *