Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Fachrori Ajak Masyarakat Tingkatkan Kompetensi dan Jaga Kerukunan

3 min read

JAMBIDAILY PERISTIWA – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak masyarakat unntuk meningkatkan kompetensi dan menjaga kerukunan. Hal itu dikemukakannya usai Upacara Pengibaran Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia Tahun 2020 Tingkat Provinsi Jambi, di Lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (17/8/2020).

Upacara tersebut juga diikuti oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kapolda Jambi Irjen Pol.Firman Shantyabudi, Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M.Zulkifli, Kajati Jambi Dr.Johanis Tanak,SH,MH, Pj.Sekda Provinsi Jambi, Sudirman,SH,MH, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi lainnya, pimpinan instansi vertikal di Provinsi Jambi, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia, para kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, eselon III dan IV lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, perwakilan dari TNI, perwakilan dari Brimob Polda Jambi, perwakilan Satpol PP Provinsi Jambi, perwakilan Pramuka, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi, juga mengikuti upacara tersebut.

Usai upacara, dalam sesi wawancara, Fachrori menekankan pentingnya kompetensi dan daya saing, serta yang tak kalah pentingnya dalam pembangunan daerah dan negara adalah menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan, serta bisa bekerja sama dengan baik diantara semua kommponen masyarakat ditengah keberagaman.

“Dalam memaknai kemerdekaan Republik Indonesia, saya mengajak semua pihak, semua komponen masyarakat, seluruh masyarakat Provinsi Jambi, agar tidak henti-hentinya berusaha meningkatkan kompetensi, supaya kita masing-masing dan Provinsi Jambi memiliki daya saing, baik dalam skala nasional, bahkan dalam persaingan internasional,” ujar Fachrori

“Selain meningkatkan daya saing, hal yang tidak kalah pentingnya dalam mewujudkan kamajuan Provinsi Jambi dan Indonesia adalah dengan menjaga kerukunan, memelihara  persatuan dan kesatuan, serta bisa bekerja sama dengan baik ditengah keberagaman. Ini merupakan modal sosial yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan,” ungkap Fachrori.

Gubernur Jambi ini menjelaskan bahwa Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia ini merupakan momen untuk merefleksikan perjalanan bangsa dan negara, dengan berbagai program pembangunan untuk meningkatkan kemajuan daerah, bangsa dan negara, dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaan program-program pembangunan, baik Negara Indonesia maupun Provinsi Jambi menghadapi banyak tantangan, namun, menurutnya, semua harus terus optimis dan berupaya semaksimal mungkin, dan dengan optimisme serta usaha sebaik-baiknya, meyakini Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menuntun perjalanan hidup daerah, bangsa dan negara kita, untuk mengatasi semua tantangan.

Sehubungan dengan pandemic Covid-19, Fachrori mengimbau seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19: menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, memakai hand sanitizer, dan menerapkan physical distancing.

 

Dukungan terhadap “Gebrak Masker” se Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori menunjukkan dukungan terhadap Gerakan Bersama Memakai Masker (Gebrak Masker). Gebrak Masker merupakan sinergi Kemendagri dengan TP  PKK dan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK). Gebrak Masker di seluruh Indonesia dilaksanakan  pada tanggal 17 Agustus 2020, untuk memasyarakatkan masker untuk menekan kasus Covid-19 di Indonesia.

Secara simbolis, Gubernur Jambi memberikan masker kepada Pengurus IKAPTK Provinsi Jambi, Idham Khalik, dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi memberikan masker kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi Lutpiah. (Mustar, foto: Mulyadi, video: Ardi, drone: Willy/Humas Pemprov Jambi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *