Sun. Sep 20th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Di Tengah Pandemi Covid-19, Pedepokan Gubuk Adem Ati Jambi Gelar Peringatan 1 Muharram 1442 H

2 min read

JAMBIDAILY, JAMBI – Sebagai bulan Pertama dalam Tahun Baru Islam, bulan Muharram memegang peranan penting dalam Islam sebagai salah satu bulan sakral di kalender Islam.

Berbeda dengan Tahun-tahun sebelumnya, peringatan 1 Muharram atau tahun baru Islam pada tahun ini, di rayakan oleh umat islam di tengah Pandemi Covid-19.

Demikian juga halnya Peringatan 1 Muharram 1442 Hijriyah tahun ini, di Pedepokan Gubuk Adem Ati Jambi, Pimpinan Ki Sawang Jati, kali ini hanya menggelar acara makan bersama yang di hadiri oleh Pengurus Pedepokan serta beberapa orang Santri, acara di mulai Jam 24.00 Wib dan di isi dengan acara Zikir dan doa-doa saja, dan hanya di gelar dalam Ruangan Pedepokan, beda dengan tahun sebelumnya, yang biasanya di gelar di lapangan terbuka dengan bermacam acara dan atraksi, dan di hadiri juga oleh banyak tamu undangan dari berbagai Pedepokan yang ada Jambi.

“Beda dengan tahun sebelumnya, Perayaan 1 Muharram tahun ini, kita gelar sesederhana mungkin, dan kita undang Pengurus dan para santri saja.” Ungkap Ki Sawang Jati kepada Jambidaily.com, Rabu Malam (19/8/2020).

” Hal Ini kita lakukan untuk mengikuti instruksi Pemerintah dalam menerapkan Protokol Kesehatan, sebab itu acara ini kita gelar dalam Ruangan saja, untuk menghindari kerumunan.” Ujarnya lagi.

“Dan sebelumnya juga sudah saya imbau untuk rekan-rekan Pengurus dan Para Santri, untuk tetap memakai Masker selama acara ini berlangsung.” Tambah Ki Sawang Jati.

Menurut Gus Thoriq Penasehat Pedepokan Gubuk Adem Ati Jambi, sekaligus Khatib Syuriah PCNU Kabupaten Muaro Jambi, yang sempat hadir dalam acara Peringatan 1 Muharram tersebut, ini merupakan sarana untuk Penyucian diri kepada yang maha pencipta dan juga sebagai sarana untuk mengoreksi diri kita sendiri, tentang apa yang telah kita lakukan sebelumnya.

“Disamping itu, dengan memperingati 1 muharam ini, sebagai Wadah rasa syukur kita kepada sang khaliq, salah satunya dengan memberikan Sedekah kepada orang lain atas rezeki yang telah Tuhan berikan kepada kita.” Ujar Gus Thoriq.

“Tradisi ini sudah kita lakukan sejak 5 tahun yang lalu, tapi di karenakan tahun ini negara kita sedang dilanda Covid-19, perayaan 1 Muharram tahun ini, agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kita harus mengikuti Protokol Kesehatan yang sudah di instruksikan oleh Pemerintah.” Tambah Ki Prana Jati salah satu Pembina di Pedepokan Gubuk Adem Ati Jambi.

Perlu diketahui Pedepokan Gubuk Adem Ati Jambi ini, sudah berdiri sejak 5 tahun yang lalu, yang sekarang berlokasi di Kelurahan Eka Jaya RT 41, Kecamatan Pal Merah Kota Jambi.

(Dedi Zamora)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *