Sat. Sep 19th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pj Sekda Provinsi Jambi Sudirman Ajak PMI Terus Tingkatkan Sinergitas

3 min read

JAMBIDAILY, JAMBI – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, H.Sudirman,SH.,MH., mengajak Palang Merah Indonesia (PMI) baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan sinergitas dalam hal kemanusiaan, khususnya dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19 di Provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan Sudirman saat menghadiri Musyawarah Kerja Provinsi Tahun 2020 Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi, yang berlangsung di Hotel Shang Ratu, Jambi, Minggu (23/08) malam. Musyawarah Kerja Provinsi Tahun 2020 PMI Provinsi Jambi tersebut, dibuka secara langsung oleh Ketua Umum PMI, Dr.(H.C).Drs.H.Muhammad Jusuf Kalla melalui virtual.

“Saat ini, kita semua dihadapkan dengan permasalahan pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia, khususnya Provinsi Jambi. Untuk menghadapi pandemi covid-19 ini, memperkuat sinergitas menjadi sangat penting, khususnya antara PMI dengan Pemerintah Daerah dalam rangka melakukan pencegahan dan penanganan covid-19, sehingga bisa segera berakhir,” ujar Sudirman.

“Kita harus terus meningkatkan sinergitas, kerjasama, koordinasi dan kolaborasi dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19 di Provinsi Jambi, karena masyarakat Jambi sangat mengharapkan kontribusi dari PMI Provinsi maupun PMI Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi bersama sama dengan Pemerintah Daerah, guna mengakhiri pandemi covid-19 ini,” lanjut Sudirman.

Sudirman mengharapkan, pada musyawarah kerja ini, PMI Provinsi Jambi dapat menyusun program kerja dengan baik, efektif dan efisien karena seiring dengan perkembangan zaman saat ini, misi kemanusiaan yang diemban oleh PMI tidak hanya urusan darah saja, tetapi juga dalam penanganan bencana seperti bencana pandemi covid-19 yang sedang melanda.

“Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung penuh kegiatan dari PMI Provinsi Jambi, karena turut membantu Pemerintah Daerah. Kita mengharapkan, sinergitas Pemerintah Daerah dengan PMI terus meningkat dan dibantu bersama komponen lainnya, sehingga benar benar membantu masyarakat Jambi,” pungkas Sudirman.

Jusuf Kalla menerangkan, PMI bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan yang tidak memihak pihak manapun, dimana memiliki tugas dalam penanganan atau penanggulangan bencana dengan tujuan memberikan pelayanan sosial dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saat ini PMI juga terus berperan aktif membantu Pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19 yang sedang melanda negeri ini, sudah menjadi kewajiban PMI untuk membantu Pemerintah dalam memberikan pelayanan sosial dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” terang Jusuf Kalla.

“Saya mengharapkan melalui musyawarah kerja ini, PMI Provinsi Jambi dapat merumuskan program kerja dengan baik dalam rangka membantu Pemerintah Daerah untuk melakukan pencegahan dan penanganan covid-19. Evaluasi program kerja tahun berjalan juga sangat diperlukan, sehingga dapat menjadi koreksi untuk program kerja yang akan datang,” tambah Jusuf Kalla.

Ketua PMI Provinsi Jambi, Drs.H.Hasan Basri Agus,MM., (HBA), menyampaikan, musyawarah kerja yang mengangkat tema “Konsolidasi PMI untuk Kebersamaan dalam Kemanusiaan”, bertujuan untuk mengevaluasi PMI Provinsi Jambi terkait kinerja dan program kerja selama tahun berjalan.

“Kami sangat mengharapkan melalui musyawarah ini, PMI Provinsi Jambi dapat menyusun program kerja dengan sebaik baiknya, terutama dalam membantu Pemerintah Provinsi Jambi. Kami juga mengharapkan, kedepannya PMI Provinsi Jambi tidak hanya dikenal dengan gerakan donor darah saja yang telah melekat pada benak masyarakat selama ini, tetapi harus berkiprah secara luas membantu masyarakat sesuai dengan tupoksi organisasi,” kata HBA.

“PMI Provinsi Jambi harus bekerja secara sungguh sungguh dalam melayani masyarakat, sehingga PMI benar benar melekat dalam hati masyarakat karena PMI sendiri bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan,” tutup HBA. (Richi, foto: Novriansah, video: Said Usman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *