Mon. Sep 21st, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

H Al Haris Motivator Mahasiswa Jambi di Sumbar

3 min read

Jambidaily/Bangko-Bupati Merangin H Al Haris berperan sebagai motivator bagi mahasiswa Jambi di Sumatera Barat (Sumbar), yang tergabung dalam Forum Keluarga Mahasiswa Jambi (FKMJ) Sumbar di Auditorium Hotel Axana Padang, Minggu malam (30/8).

Pada acara yang dihadiri sekitar 200 orang mahasiswa tersebut, bupati Merangin dua periode itu juga menampung aspirasi para mahasiswa, lewat bincang-bincang santai bertema kedaerahan.

‘’Sudah lama saya ingin bertemu, shearing dan silaturrahmi dengan adik-adik mahasiswa Jambi di Sumbar ini. Dulu saya juga hadir pada pelantikan pengurus Himpungan Mahasiswa Pelajar Merangin (HMPM) di Sumbar,’’ujar Bupati.

Kehadiran bupati sekarang ini, ingin mengetahui bagaimana kondisi para mahasiswa Jambi di Sumbar. Dikatakan bupati, mahasiswa tersebut adalah aset daerah yang sedang menimba ilmu dan pengalaman, sebagai bekal mereka kedepannya.

Jumlah mahasiswa Jambi di Sumbar jelas bupati, cukup banyak. Sumbar termasuk provinsi kedua setelah Jakarta dan Yogjakarta yang diminati anak-anak Jambi untuk tempat kuliah.

‘’Para mahasiswa Jambi bisa belajar banyak tentang pariwisata dan budaya dengan Sumbar. Dimana pariwisata dan budaya Sumbar sudah ‘laku dijual’ untuk wisatawan, padahal kita juga punya potensi yang sama,’’terang Bupati.

Diakui bupati, untuk promosi potensi wisata dan budaya Jambi itu masih sangat kurang, sehingga belum banyak diketahui banyak orang. Begitu juga sarana infrastruktur juga harus dipenuhi.

‘’Mahasiswa Jambi di Yogjakarta dan di Jakarta telah mempunyai Mess, saya jadi tertantang untuk membangun Mess mahasiswa Jambi di Sumbar ini. Mudah-mudahan ini bisa kita wujudkan,’’harap Bupati.

Provinsi Jambi lanjut bupati, sudah dianggap tipe A, Polda-nya bintang dua, Danrem-nya bintang satu.

‘’Tugas kita sekarang, bagaimana kita membangkitkan Jambi kedepan di tingkat nasional,’’ajak Bupati.

Di Sumatera  jelas bupati, jangan sampai Provinsi Jambi menjadi provinsi yang terendah, untuk itu pembangunan Sumber Daya Manusia harus menjadi prioritas, sehingga Jambi kedepan bisa lebih maju.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jambi terang bupati, masih dibawah rata-rata nasional. Untuk itulah H Al Haris merasa terpanggil tampil di kancah Pilgub Jambi 2020, guna menyumbangkan pikirannya untuk Jambi.

H Al Haris tidak ingin, Jambi stagnan atau turun tingkat nasional. Untuk itu bupati mengajak para mahasiswa bersama-sama membangun Jambi. Dimana ide-ide cemerlang para mahasiswa sangat dibutuhkan.

‘’Pembangunan yang baik adalah pembangunan yang melihatkan semua element. Masukan dari adik-adik mahasiswa akan menjadi inspirasi bagi saya dan akan menjadi acuan dalam visi misi saya nantinya,’’terang Bupati lagi.

Provinsi Jambi jelas H Al Haris mempunyai wilayah barat dan timur. Wilayah barat berkembang dengan cepat karena datarannya tinggi. Jalan lintas Sumatera dan akses keluar cukup bagus, memiliki dua bandara di Sungai Penuh dan di Muarabungo.

Sedangkan di wilayah timur lanjut bupati, Jambi punya satu Bandara Sultan Thaha. Untuk membangun kawasan timur ini harus memiliki cara khusus. ‘’Kita akan kembang wilayah timur menjadi perkebangan ekonomi baru Sentusa (Sengeti Tungkal dan Sabak),’’terang Bupati.

Mengingat wilayah timur merupakan wilayah perairan, H Al Haris akan mendukung Kemaritimannya, dengan mambuat kampus Kemaritiman dan Pelabuhan Ujung Jabung sesuai standar nasional.

‘’Kita bisa bikin objek wisata laut, agar hidup lagi daerah di kawasan timur ini. Untuk wilayah barat Jambi, tinggal meningkatkan lagi promosi wisatanya dan akses transportasinya,’’papar H Al Haris.

Sementara itu, Ketua Umum FKMJ Sumbar Yedi Hermawan mengatakan, para mahasiswa Jambi di Sumbar sangat mengapresiasi Bupati Merangin H Al Haris, atas banyaknya capaian prestasi nasional yang diraih.

‘’Pak H Al Haris merupakan bupati pertama di Indonesia yang mendapatkan Lencana Hasta Hannas, bupati pertama di Jambi yang mendapatkan penghargaan Peduli Lansia dari Menteri Sosial RI,’’jelas Yedi Hermawan.

Mahasiswa Jambi di Sumbar terang Yedi Hermawan jumlahnya sangat banyak. Menariknya hampir di setiap kampus di Sumbar, para mahasiswa Jambi ini banyak memegang peran penting dan menduduki jabatan strategis yang perlu diperhatikan.

‘’Semoga bersama Bapak H Al Haris kedepan Pemprov Jambi perduli dengan mahasiswa Jambi di Sumbar. Mess mahasiswa Jambi di Sumbar yang belum ada, semoga bisa dibangun,’’harap Yedi Hermawan.

Acara Silaturahmi Bupati Merangin dengan mahasiswa Jambi di Sumbar tersebut, ditutup dengan makan malam dan pertunjukan Sulap oleh Hairunnal, mahasiswa Jambi asal  Sebukar Kerinci. (Nzr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *