Fri. Sep 25th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Komsos Sebagai Sarana Babinsa Kodim 0417/Kerinci Edukasi Warga Agar Patuhi Protokol Kesehatan

2 min read

JAMBIDAILY – Komunikasi sosial adalah sarana yang paling mudah dipahami oleh warga dalam menyampaikan sesuatu informasi. Komunikasi Sosial juga merupakan sarana yang tepat dan cepat dalam menciptakan hubungan yang baik dan harmonis antara Babinsa dengan warga binaannya.

Hal inilah yang dilakukan oleh salah satu Babinsa Koramil 05/Danau Kerinci, Kodim 0417/Kerinci, Sertu Usmar saat mengunjungi warung kopi di Desa Cupak, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Kamis (3/9/2020).

Dalam berkomunikasi sosial dengan pengunjung warung kopi tersebut, Babinsa Usmar selalu menghimbau warga untuk mengikuti dan mematuhi prosedur protokol kesehatan covid-19, tidak hanya kita lakukan di siang hari saja namun juga dilakukan pada malam hari, terutama ditempat keramaian atau tempat umum yang sering dikunjungi seperti warung kopi ini.

“Sambil menyeruput segelas kopi, kita juga menghimbau warga agar tetap tenang, namun waspada dengan virus corona dan tentunya selalu mengajak warga untuk selalu Gunakan Masker, kata Usmar.

Melakukan komunikasi sosial secara persuasif dan humanis dalam menyampaikan dan mensosialisasikan serta mengedukasi warga tentang prosedur protokol kesehatan, lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat, apalagi para pengunjung warung kopi yang sering ngumpul di malam hari.

“Cara ampuh, tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti instruksi pemerintah, di antaranya anjuran yang harus diikuti, yakni pakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun dari air yang mengalir, hindari keramaian serta jaga jarak”, ungkapnya.

Terpisah, Danramil Danau Kerinci, Kapten Inf Raflus mengatakan, bahwa Babinsa sebagai prajurit dan ujung tombak TNI AD di lapangan, tentunya diwajibkan terus memantau setiap perkembangan situasi dan kondisi di wilayah teritorialnya, apa bila ada suatu perkembangan di wilayah binaan bisa segera diatasi.

Cara tersebut tentunya dengan melakukan komunikasi sosial yang humanis dan persuasif, sehingga kita dapat mempengaruhi dan meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya untuk mematuhi protokol kesehatan di mulai dari diri sendiri dan lingkungan disekitar kita.

Lalu, Babinsa juga harus selalu hadir di tengah-tengah warga binaanya tentang perkembangan situasi apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Kesadaran masyarakat merupakan salah satu cara yang sangat efektif guna menekan angka penyebaran wabah tersebut. Tanpa kesadaran masyarakat, upaya kita sia-sia,” ungkap Raflus.

“Mudah-mudahan dengan kita terus melakukan pendisiplinan diri untuk mengikuti protokol kesehatan, kita dapat mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini,” tutup Raflus. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *