Sat. Sep 26th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peran Aktif Babinsa Dalam Menyukseskan Program KB di Provinsi Jambi

3 min read

JAMBIDAILY – Tentara ikut mensukseskan program Keluarga Berencana bukanlah hal yang aneh apalagi sampai ada yang menganggap mereka sudah keluar dari tupoksinya atau tidak profesional lagi sebagai alat Negara. Kalau kita perhatikan tugas pokok tentara tersebut tidak hanya berperang melawan disintegrasi, separatis atau mempertahankan keutuhan negara dari serangan negara lain saja.

Dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia tugas Tentara Nasional Indonesia itu ada dua, yaitu pertama Operasi Militer untuk Perang dan kedua Operasi Militer Selain Perang.

Dalam undang-undang tersebut, tugas pokok tentara yang tergolong kepada Operasi Militer Selain Perang terdapat sebanyak empat belas point, salah satunya adalah membantu tugas pemerintah di daerah.

Dengan demikian sesuai dengan amanat Undang undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, salah satu Program Pemerintah Daerah yang sangat penting adalah Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hal tersebut dikatakan Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M.Zulkifli saat menerima audiensi dari Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Munawar Ibrohim diruang Puskodal Makorem 042/Gapu, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Jum’at (3/9/2020).

Menurut Danrem, Tentara, tidak saja TNI Angkatan Darat bahkan Angkatan Udara dan Angkatan Laut pun telah masuk dan berkontribusi ke berbagai sektor pembangunan. Terutama pada kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan kemanusiaan dan bhakti sosial kemasyarakatan.

Hari ini, kita bisa duduk bersama dengan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi tidak lain untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dalam rangka mendukung program Keluarga Berencana (KB) di Provinsi Jambi, kata Danrem.

Korem 042/Gapu selalu mengharapkan kolaborasi dan koordinasi yang baik dari BKKBN Provinsi Jambi agar apa yang kita harapkan dapat tercapai dengan baik.

Satuan jajaran Korem mempunyai Kodim, Koramil, dan Babinsa yang bisa digerakkan untuk menunjang keberhasilan program BKKBN yang ada di Provinsi Jambi, ucap Danrem.

“Babinsa sebagai prajurit dan ujung tombak TNI AD di lapangan yang berada langsung bersama masyarakat di bawah jajaran Korem 042/Gapu akan selalu siap untuk menyukseskan dan membantu program BKKBN di Provinsi Jambi, pungkasnya”.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, mengatakan bahwa Dalam rangka mewujudkan kerja sama peningkatan program Keluarga Berencana (KB) di Provinsi Jambi, tentu keberhasilan tidak mudah kami dapat tanpa adanya kerjasama dengan aparat Pemerintah dan TNI.

“Keberhasilan tersebut tentu berkat komitmen yang kuat para mitra
kerja BKKBN terutama Tentara Nasional Indonesia (TNI), dalam hal ini khususnya Korem 042/Garuda Putih dan jajaran”, ujarnya.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Danrem beserta jajaran dan seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan Program Keluarga Berencana, hal ini berkat adanya Perjanjian kerjasama (PKS) antara Panglima TNI dan Kepala BKKBN, tuturnya.

Sejarah telah mencatat bahwa TNI memiliki konstribusi besar dalam keberhasilan Program KB pada masa lalu hingga hari ini. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan Pemerintah menurunkan angka kelahiran (TFR) dari 5,6 pada tahun 1970 menjadi 2,6 secara nasional, bahkan untuk Provinsi Jambi terjadi penurunan menjadi 2,3 pada Tahun 2017 (SDKI)

Keberhasilan ini tentu merupakan upaya kerja keras semua pihak,
baik pemerintah, swasta, LSM dan masyarakat. Sinergitas antar lembaga/Instansi mutlak harus terus ditingkatkan, katanya.

TNI memiliki Babinsa yang tersebar di seluruh Desa/Kelurahan, memiliki kemampuan yang handal, tangguh dan pantang menyerah, tutupnya.

Terpantau dalam pertemuan tersebut, tetap melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah Covid -19. Dengan mengecek suhu tubuh, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Saat audiensi, Danrem 042/Gapu didampingi Kasrem Kolonel Kav Rayen Obersyl, Kasiter Kolonel Arh M. Ibnu Sukelan, Dandim 0415/BTH Kolonel Inf J.Hadiyanto serta Pasi Bakti Mayor Inf Asfahrizal. Sementara kepala Perwakilan BKKBN Jambi didampingi koordinator ADPIN,Yulidar, Koordinator KB, HJ.Azisi Karim, Sekretaris BKKBN, Endang Rikmawanti,S,PD.MM serta anggota Yusri.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama, Penyerahan piagam penghargaan pelaksanaan pelayanan sejuta akseptor dalam rangka Harganas ke 27 yakni Pemberian Piagam penghargaan dari kepala BKKBN kepada Danrem 042/Gapu, Piagam penghargaan dari BKKBN Pusat kepada Kodim 0420/Sarko sebagai Kodim terbaik 1 pelaksanaan pelayanan sejuta akseptor tingkat Provinsi Jambi pada Harganas ke 27 diserahkan melalui Virtual oleh Danrem 042/Gapu kepada Dandim 0420/Sarko serta Penyerahan piagam penghargaan oleh Danrem 042/Gapu yang diterima secara simbolis oleh Dandim 0415/Batanghari.(Penremgapu).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *