Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kukuhkan Bunda PAUD, Gubernur Titipkan Program Penanggulangan Stunting

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengukuhkan Hj.Rahima Fachrori sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jambi, Senin (14/9/2020) di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi. Pada kesempatan tersebut, Hj.Rahima melantik  Kelompok Kerja (Pokja) PAUD Provinsi Jambi Periode 2020-2021 yang diketuai oleh Hj.Iin Kurniasih.

Gubernur berpesan kepada Bunda PAUD Provinsi Jambi yang baru dikukuhkan untuk membangun sistem PAUD di Provinsi Jambi, dan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Jambi adalah penanganan stunting (pertumbuhan kerdil).

Gubernur menjelaskan, organisasi PAUD ini merupakan wujud kepedulian terhadap pentingnya pendidikan anak sejak usia dini. “Tahun 2030 nanti Indonesia termasuk Provinsi Jambi akan memasuki era bonus demografi dimana usia produktif pada piramida penduduk kita lebih banyak dibanding dengan usia tidak produktif.  Bonus demografi ini akan menjadi berkat apabila sumber daya manusia usia produktif yang kita miliki itu adalah SDM yang berkualitas, berakhlak, memiliki keterampilan dan pengetahuan teknologi, namun sebaliknya jika SDM yang kita miliki saat itu tidak berkualitas, tidak memiliki bekal dan iptek yang cukup untuk bersaing di era kompetisi global ke depan, maka mereka tidak hanya akan menjadi beban, tetapi juga sumber masalah ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Untuk itu diperlukan berbagai peluang guna menyiapkan generasi kedepan,” ujar gubernur.

Dengan demikian, gubernur mengemukakan bahwa pengukuhan Bunda PAUD merupakan salah satu upaya penting dan strategis dalam penyiapan sumber daya manusia. “Pada usia dini yang dimulai dari 1.000 hari pertama kehidupan yaitu masa ibu mengandung sampai dengan 5 tahun merupakan periode emas yang harus kita berikan nutrisi yang baik, akan sangat mempengaruhi perkembangan saraf-saraf otak yang akan berdampak pada pertumbuhan fisik, perkembangan intelektual mental dan emosional seseorang di kemudian hari. Saat ini Pemerintah Provinsi Jambi masih dihadapkan pada permasalahan masih tingginya angka prevalensi stunting. (Humas Pemprov Jambi)

BACA JUGA:  Fachrori : Kita Harus Lestarikan Hutan Mangrove

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *