Fri. Sep 25th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Angka DELAPAN untuk JambidailyDOTcom di Tahun 2020

4 min read

Hendry Noesae/Foto: Ist

KOPI RAINA – PAGI itu panggilan telepon berdering dari seorang sahabat yang hampir dua tahun kami hanya bertegur sapa di media sosial ataupun bertemu sekilas lalu saja di suatu kegiatan atau di jalan, setelah kami tak lagi berada dalam satu tempat kerja, berada dalam satu dapur, berada dalam satu ruang pengolahan berbagai cerita dan fakta jelang disajikan kepada masyarakat luas.

Saya sudah dua kali berpindah perusahaan, awal bekerja di perusahaan sejenis lalu bergabung di dunia berbeda yang jauh dari tulis menulis, jauh dari pemburu informasi. Saya menemukan hal baru, hal lain, yang selama ini nol besar akan pemahaman namun saya menikmatinya, saya tetap berusaha menunjukan kinerja terbaik sembari belajar agar terus mampu meningkatkan kualitas diri sebagai bentuk loyalitas.

Delapan bulan berjalan, Tepat ditanggal 20 Agustus 2012 telepon dari seorang sahabat tadi mengajak ingin berjumpa, ingin berbicara banyak di suatu tempat, bukan rumah makan bukan juga warung kopi. Saya tidak memberikan rentang waktu lama, hari itu juga saya sanggupi berjumpa seusai pulang kerja.

Sesampainya di tempat yang telah ditentukan, saya sempat tertegun di depan pagar sebuah ruko melihat papan nama besar diatas pintu masuk. Oh ini mungkin maksud keinginannya untuk berjumpa dengan saya,? dan terlihat seorang sahabat yang sudah selayaknya paman, kakak, saudara itu menyambut hangat dengan senyum khasnya. Tidak ada yang berubah dari ciri serta cara seorang Hery FR memandang saya.

Senyum pun masih sama sejak saya mengenalnya, dia lah salah satu sosok disamping saya selama ini, yang tak henti memberikan dorongan semangat, dorongan bangkit dari setiap keterpurukan, memompa motivasi saya agar tidak mudah lemah, tidak mudah cepat berpuas diri dalam belajar seperti apa dunia jurnalistik.

Saat duduk di ruang tamu, ada degupan jantung yang semakin kencang, ada aliran darah terasa memanas, ada roh yang selama hampir dua tahun berada di luar seakan kembali pulang. Saya merasa baru kembali ke rumah setelah seharian berkejaran waktu, bertarung demi meraih mimpi.

Apa yang dipikirkan dan rasakan ternyata benar, seorang sahabat mengajak saya kembali, mengajak saya bersama lagi, mengajak saya membangun mimpi di ruang yang sama, di tempat yang sama, untuk menuliskan jejak waktu, menelusuri kepingan-kepingan hidup dan mengabdi pada bangsa dan negara lewat dunia jurnalistik.

Tidak banyak kata yang terungkap kecuali ucapan bersedia, tanpa berpikir besaran sagu hati untuk saya apakah sama dengan yang sekarang, apakah lebih besar, apakah akan lebih kecil,? semua tak terpikirkan kecuali rasa ingin segera kembali, kembali ke tempat dimana seharusnya saya berada. Tempat yang membebaskan saya melukis setiap lekuk kemolekan negeri, suara-suara pinggiran yang terputus oleh jarak, teriakan nurani yang tertutup nafsu kekuasaan dunia.

1 September 2020 saya membulatkan tekad, melebur secara utuh bersama di tempat yang kami sebut seorang ‘bayi kecil’ bernama www.jambidaily.com. Visi Misi terus dikuatkan kepada para prajurit-prajurit muda jambidaily agar benar-benar merasuk ke dalam jiwanya seperti apa ‘Media Aksara Publik’

Saya mendapat tugas tergolong tidak lah ringan, harus merancang pemetaan, harus menjadi navigator bagi prajurit muda sekaligus mengemban tanggung jawab sebagai penulis tunggal menghiasi setiap kanal-kanal yang tersedia selama 10 hari, menjelang pasukan dirasa sudah memiliki bekal dasar, mengetahui poin-poin penting kode etik, baru kemudian dilepas menjalankan pekerjaannya secara langsung di tengah masyarakat.

Diluncurkan 17 September 2012, banyak lika-liku membentang selama perjalanannya, berhadapan dengan hukum, berhadapan dengan premanisme dan banyak lagi. Lalu silih bergantinya pasukan, hingga pemasukan yang minim secara bisnis adalah tantangan tersendiri bagi kami walaupun di tahun-tahun awal keberadaan kami untuk media siber belum lah begitu banyak, itu hanyalah beberapa masalah sebagai corak warna yang terus memecut jambidaily agar mampu bertahan serta lebih baik lagi.

Di masa kini, persaingan media siber sudah begitu membentang luas dengan bertumbuh secara pesat di Jambi khususnya ‘bagai rumput di musim hujan’ menghijau. Mereka hadir dengan kualitas-kualitas terbaik, dengan pasukan-pasukan tangguh, dengan kecepatan yang mumpuni, memiliki pembaca setia yang tidak sedikit pula, ditambah dengan kemampuan secara bisnis, menggaet para pemasang iklan. Luar Biasa semangat rekan-rekan…

Rasanya mampu bertahan hingga detik ini sudah cukup bagi kami, sudah tiga kali berganti tampilan, sudah berkali-kali juga mendapat serangan peretas, Alhamdulillah bantuan tangan-tangan dingin dari rekan kami diluar sana, tetap mampu menjaga jambidaily. Semoga kami tetap ada, tetap menyajikan informasi, inilah ladang amal kami, ladang kami mencari sesuap nasi, ladang kami mengais rezeky untuk keluarga, untuk anak-anak kami di rumah.

Angka DELAPAN, hanya dalam hitungan jam genap usia telah berjalan sejak diluncurkan hingga 17 September 2020. Menjadi kejutan, menjadi terasa begitu sangat luar biasa bagi saya pribadi, sungguh penghargaan tak henti untuk keluarga besar Pak Chandra, Pak Ir AS Rizal Asir MBA, Pak Franky Wijaya SH, para penggagas, keluarga besar Pak Hery FR, keluarga dan orang tua kami di rumah yang terus memberikan dukungan dan do’a, terima kasih.

Untuk punggawa yang saat ini masih bersama dan baru bersama, selamat datang semoga betah menjaga rewelnya jambidaily. Untuk mereka yang pernah bersama, rekan media, organisasi pers, Instansi pemerintahan maupun swasta, TNI-Polri, Para seniman Jambi, tokoh-tokoh, serta semua pihak terima kasih, karena sumbangsihnya turut menjaga juga membimbing ‘bayi kecil’ yang kini mulai beranjak usia remaja.

Tentunya tak luput dari ingatan, ucapan terima kasih turut kami sampaikan untuk seluruh pembaca dimanapun berada, atas apresiasinya sehingga kami masih bertahan, masih terus menyajikan informasi sampai saat ini, walaupun segala kekurangan, segala kelemahan masih tertatih kami perbaiki. Tetapi, kami bertekad takkan berhenti dalam upaya menyajikan sesuatu yang lebih baik lagi dengan harapan bisa memberi manfaat.

Selamat Ulang Tahun Jambidaily.com Ke-8 (17 September 2012 – 2020) teruslah berkarya!!
Masih banyak pekerjaan rumah kita, masih banyak endapan-endapan kehidupan yang belum berhasil kita lihat, belum berhasil kita suarakan.

 

“Salam sehat, Covid-19 Belum berakhir”
Salam Kopi Raina, dari Jambi untuk Indonesia, dari Jambi untuk Dunia.
(Salam Santun Hendry Noesae/Pemimpin Redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *