Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Fachrori: Pemerintah Upayakan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat

2 min read

JAMBIDAILY MUARO JAMBI – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten/Kota terus berupaya agar masyarakat dengan mudah mendapatkan rumah pertamanya yang layak huni, sejahtera, berbudaya dan berkeadilan sosial. Dan, Pemprov Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan stakeholder terkait selalu berupaya maksimal dalam penyelenggaraan pembangunan perumahan. Hal itu disampaikannya dalam Peringatan Hari Perumahan Nasional Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020, di Desa Tangkit Kecamatan Sungai Gelam  Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (16/09/2020).

Sebelumnya, gubernur meletakkan batu pertama bedah rumah bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka Hari Ulang Tahun Perumahan Nasional ke-13 tahun 2020. Dua rumah mendapat bantuan bedah rumah, di Talang Bakung Kota Jambi dan di Desa Tangkit Kabupaten Muaro Jambi.

Fachrori menyampaikan, sejarah Hari Perumahan Nasional dimulai saat kongres Perumahan Rakyat 25-30 Agustus 1950 di Bandung. ”Sejak kongres pertama diselenggarakan di Bandung yang dibuka oleh Wakil Presiden pertama RI Bapak Ir.Muhammad Hatta yang juga merupakan Bapak Perumahan Indonesia. Banyak pemikiran dan kepedulian beliau terhadap permasalahan dan perkembangan perumahan di Indonesia,” ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, kendala utama yang dihadapi masyarakat dalam penyediaan perumahan yang layak huni pada umumnya adalah keterjangkauan pembiayaan rumah. ”Dilain pihak, kredit pemilikan rumah dari perbankan memerlukan berbagai persyaratan yang tidak setiap pihak dapat memperolehnya dengan mudah, serta suku bunga yang tidak murah. Pesatnya pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan penyediaan sarana perumahan, menyebabkan permasalahan semakin pelik dan serius. Untuk itu, Pemprov Jambi berkewajiban memberikan akses kepada masyarakat,” jelas Fachrori.

Fahrori mengungkapkan, permasalahan pembangunan perumahan di Provinsi Jambi tidak jauh dengan permasalahan nasional, yaitu tingginya angka Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan kekurangan jumlah rumah (backlog). (Humas Pemprov Jambi)

BACA JUGA:  Bantuan Pemerintah untuk Warga Terdampak Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *