Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Lestarikan Budaya, Kodim 0415 Batanghari Gelar Festival Pencak Silat

2 min read

Jambi (JAMBIDAILY) – Guna memupuk Persatuan dan Kesatuan antar Perguruan Pencak Silat di wilayah binaan, Kodim 0415/Batanghari menggelar Festival Pencak Silat dalam rangka kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Triwulan III TA. 2020.

Kegiatan Festival Pencak Silat yang melibatkan 13 perguruan atau aliran tersebut, dibuka langsung oleh Dandim 0415/Batanghari, Kolonel Inf J. Hadiyanto diwakili oleh Kasdim Letkol Inf Tri Nugroho, di ruang serba guna Kodim 0415/Batanghari, Kota Jambi, Rabu (23/9/2020).

Dandim 0415/Batanghari Kolonel Inf J. Hadiyanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdim, Letkol Inf Tri Nugroho, S.Pd mengatakan, bahwa pembinaan Komunikasi Sosial dilaksanakan untuk memelihara serta meningkatkan keeratan hubungan dengan segenap komponen bangsa, guna terwujudnya saling pengertian dan kebersamaan yang memungkinkan timbulnya keinginan dan peran serta masyarakat dalam berpartisipasi bagi kepentingan bidang pertahanan negara.

Apalagi dengan menghadirkan berbagai perguruan yang ada di wilayah Kodim 0415/Batanghari, tentunya akan menjadi ajang prestasi dalam menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov).

“Ini merupakan inisiasi yang luar biasa dalam mempersatukan semua perguruan silat di wilayah Kota Jambi”,ujarnya.

Selanjutnya Kasdim juga menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya acara ini tentunya dalam rangka melestarikan pencak silat sebagai salah satu olah raga peninggalan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menggabungkan seni budaya dan olah raga.

“Keberadaannya diakui dunia menjadi salah satu cabang olah raga, tinggal kita perjuangkan hak patennya”, pungkasnya.

Terpisah, Pasiterdim 0415/Batanghari Mayor Inf Beni menyampaikan bahwa “Kegiatan festival ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan hubungan baik antara TNI dalam hal ini Kodim 0415/Batanghari dengan warga binaan, sehingga terciptanya Kemanunggalan TNI dan Rakyat”, imbuh Beni.

Festival Pencak Silat juga dihadiri oleh Perwira Staf dan perwakilan Danramil jajaran Kodim 0415/Batanghari.

BACA JUGA:  Naik Pangkat Brigjen TNI, Danrem 042 Gapu : Pangkat adalah Amanah dari Institusi TNI

Kegiatan tersebut tentu juga tetap memperhatikan protokol kesehatan. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *