Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Haris-Sani, Usung Konsep Pemerataan Pembangunan Wilayah Timur, Tengah dan Barat di Provinsi Jambi

2 min read

JAMBIDAILY POLITIK – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Pemilihan kepada daerah serentak, 9 Desember 2020 mendatang, Al Haris-Abdullah Sani, Pasangan nomor urut 3 mengusung konsep besar pemerataan pembangunan di provinsi Jambi kedepannya.

Seusai rapat pleno terbuka pencabutan nomor urut calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi pada Pemilihan Gubernur (pilgub) yang diadakan KPU Provinsi Jambi, Dalam sesi konferensi pers menjawab pertanyaan media via zoom meeting, Al Haris membeberkan harus bisa menyesuaikan setiap wilayah.

“Timur dan Barat itu berbeda, maka kita akan tentukan polanya menyesuaikan letak geologis dan budaya masyarakat, ada wilayah Timur, Barat dan Tengah. Wilayah Timur kita harus kuatkan ekonomi seperti Nelayan, perkebunan Kelapa dan lainnya, intinya Ujung Jabung harus menjadi Pelabuhan. Hal itu harus ditopang dengan pengembangan yang saya sebut Sentosa yaitu: Sengeti, Tungkal dan Sabak,” Jelas Haris, menjawab pertanyaan jambidaily.com.

“Sentosa menjadi akses perekonomian, disana padat sebagai jalur. Nah untuk mendukungnya saya berniat membangun kampus Maritim di kabupaten Muaro Jambi. Selain itu saya terobsesi dengan bagaimana pengembangan Mandalika sebagai tempat wisata, kita bisa lakukan di Tanjung Jabung Timur dan barat,” Tambahnya.

Sementara itu untuk wilayah Barat yaitu Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Bungo, Tebo, Merangin, Sarolangun, Al Haris lebih memfokuskan bidang pertanian dan Wisata yang kaya dimiliki provinsi Jambi.

“Kita tinggal memfokuskan saja karena kita kaya pertanian disana, bisa menjadi pusat Industri. Sedangkan wisata sangat kaya kita di wilayah Barat, tinggal mengemas dengan baik sehingga dapat memberikan kemakmuran ekonomi bagi masyarakat kita,” Urai Haris.

“Itu tadi untuk Timur dan Barat, bagaimana Tengah? ini adalah walayah Kota, Muaro Jambi, Batanghari yang jelas sekali terpusatnya Pendidikan. Namun selain itu untuk Kota Jambi kita lebih spesifik pada Sektor Jasa. Sehingga Wilayah Timur, Tengah dan Barat nantinya akan saling menyokong dan saling memberikan efek untuk kemajuan provinsi Jambi secara menyeluruh,” Tandas Haris.

BACA JUGA:  Bertemu Cawako Fikar Azami Emak-emak Desa Gedang Kompak Acungkan Dua Jari

 

 

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:
Pelaksanaan Pleno Terbuka Pengundian Nomot Urut, KPU Provinsi Jambi Mengangkat Budaya Lokal
Nomor Urut Pilgub Jambi; (1) Cek Endra – Ratu Munawaroh, (2) Fachrori Umar–Syafril Nursal (3) Al Haris–Abdullah Sani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *