Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

TBJ Gelar Workshop Teater, Didin Siroz: Diharap Terus Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

2 min read

DR. Yusril (Katil) dari ISI Padang Panjang, saat memberikan materi/Foot: Medy Saputra

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi UPTD Taman Budaya Jambi (TBJ) Gelar workshop Teater, 23-24 September 2020 di Gedung Teater Arena.

Workshop menghadirkan narasumber, DR. Yusril (Katil) dari ISI Padang Panjang, EM Yogiswara dari Teater AiR Jambi, dan Didin siroz dari Teater Tonggak Jambi yang notabene juga Kepala Taman Budaya Jambi.

Berasal dari berbagai sanggar, komunitas, mahasiswa dan pelajar berjumlah 50 orang tersebut datang dari Kabupaten/kota dalam provinsi Jambi.

“Workshop Teater berlangsung tanggal 23-24 september, bertempat di Teater Arena TBJ, dengan tetap memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19,” Tegas Didin Sirojudin S.Sn Kepala TBJ yang akrab dikalangan seniman disapa Didin Siroz (Kamis, 24/09/2020).

Disela-sela kegiatan, Didin siroz menjelaskan bahwa selain meningkatkan peran TBJ sebagai laboratorium seni, juga diharapkan meningkatkan kemampuan para penggiat teater Jambi baik secara konsep/teoritis maupun teknis, dibidang pemeranan, penyutradaraan dan artistik.

“Dapat meningkatkan kemampuan para penggiat teater Jambi baik secara konsep/teoritis maupun teknis, dibidang pemeranan, penyutradaraan dan artistik. Dapat menggugah dan meningkatkan kreativitas dan produktivitas para penggiat teater Jambi, serta dapat meningkatkan peran TBJ sebagai labor seni,” Jelasnya, kepada jambidaily.com.

DR. Yusril (Katil), memberikan materi: Akting, vokal dan rasa, gesture komposisi dalam ruang eksplorasi benda-benda, transformasi dari gagasan ke panggung atau pertunjunkan, Lalu EM Yogiswara: Perkembangan dan Konsep Teater di Jambi, Didin Siroz: Penyutradaraan.

Menilik dari agenda TBJ, Peserta workhsop mendapat ruang untuk mengimplementasikan hasil dari pengetahuan yang didapat melalui festival Monolog pada 12-14 Oktober 2020

“Setelah Workshop Tari pada bulan Maret 2020, Workshop Musik pada tanggal 16-17 sept 2020 dan workshop teater, 23-24 sept 2020. Agenda berikutnya adalah: Festival Monolog, 12-14 Okt 2020; Festival Musik, 20-22 Okt 2020 dan Festival Tari Kreasi Daerah Jambi, 26-28 Okt 2020,” Tandas Didin Siroz.

BACA JUGA:  Ingin Menonton Film-film Perjuangan Indonesia,? Ini Tautannya

Selama dua hari kegiatan peserta yang diawasi dengan protokol kesehatan ketat tersebut, tidak hanya menerima materi lisan, namun juga mendapat praktek langsung dari narasumber.

 

 

 

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *