Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Wujudkan Ternate Sehat Kampung Siaga Covid-19 Pertamina Sosialisasi Pentingnya PHBS

2 min read

JAMBIDAILY TERNATE – Pandemi Covid-19 semakin meluas, himbauan demi himbauan pemerintah agar menerapkan protokol kesehatan terus disebarluaskan. Meskipun Kenormalan Baru sudah diterapkan selama beberapa bulan dan PSBB kembali diberlakukan di beberapa kota besar, namun penyebaran Covid-19 masih belum bisa dikendalikan.

Kurangnya kesadaran masyarakat membuat pemerintah bergerak melakukan sosialisasi berkala tentang bahaya Covid-19. Hanya saja edukasi ini dirasa belum menyebar secara menyeluruh, karena itu pada Kamis (24/09) Pertamina dan Dompet Dhuafa Pendidikan melalui program Kampung Siaga Covid-19 Pertamina menyelenggarakan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Gedung TPQ Warahmatullah, Kelurahan Tubo, Ternate Utara.

Kegiatan yang digawangi  Kampung Siaga Covid-19 Pertamina bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Bahari Berkesan Kota Ternate ini dihadiri perwakilan Relawan Siaga Covid-19 Tubo dan Tafure, Kelompok Wanita Tani Tubo, serta kader kesehatan di Ternate Utara.

“Sosialisasi seperti ini sangat bagus diberikan kepada masyarakat agar lebih paham seputar praktik PHBS dan dapat menjaga kebersihan serta kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Nur Aini, Dinas Kesehatan Kota Ternate.

Nur Aini menyampaikan jika edukasi di masyarakat kala pandemi menjadi agenda utama Dinas Kesehatan Kota Ternate yang selalu berupaya menciptakan hidup bersih di masyarakat. “Kami bersyukur Kampung Siaga Covid-19 Pertamina memfasilitasi kami untuk menyosialisasikan pentingnya PHBS sebab masih banyak masyarakat yang belum melek masalah kesehatan dasar di lingkungan tempat tinggal bahkan keluarganya. Saat ini yang kami khawatirkan bukan hanya Covid-19 tetapi juga demam berdarah karena musim penghujan sudah masuk masanya,” tutur Aini. “Pembiasaan PHBS akan selalu kami awasi demi tercipta masyarakat Ternate lebih sehat,” tambahnya.

Meski dipadati peserta, namun pelaksaaan sosialisasi berjalan sesuai dengan protokol kesehatan dan ketetapan pemerintah yang berlaku. Selama mengikuti jalannya sosialisasi para peserta menunjukkan antusiasme luar biasa. Menurut Nur Aini, kesehatan lingkungan dan PHBS sudah lama dikampanyekan namun baru saat pandemi kembali digalakkan. Sosialisasi inisiasi Kampung Siaga Covid-19 Pertamina menjadi pionir gerakan nyata hidup sehat di Ternate Utara.

BACA JUGA:  Keren dan Menarik, Kado IJTI Jambi untuk Kemerdekaan RI Ke-75

“Saya sangat yakin kita bisa menciptakan lingkungan Ternate lebih bersih dan sehat, Alhamdulillah Pertamina dan  Dompet Dhuafa Pendidikan bergerak cepat membantu kami menjawab persoalan yang selalu bergulir dari tahun ke tahun. Kami harap program ini berlangsung lama karena terbukti mendukung pemerintah dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat dan berdaya,” tutup Nur Aini. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *