Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Lagi Satu Pasien Covid-19 Meninggal, Warga Kecamatan Jambi Timur

2 min read

Foto: ampar.id

JAMBIDAILY PERISTIWA – Angka kematian akibat kasus covid-19 di Provinsi Jambi lagi-lagi kembali terjadi, Sabtu pagi (03/10/2020) sekira pukul 09:00 Wib bertempat diruang isolasi RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi.

Dikutip dari ampar.id media partner jambidaily.com, adanya pasien positif Covid-19 Meninggal dunia yang berasal dari kota Jambi, dengan riwayat penyakit sesak nafas berat dengan hasil rapid tes Non Reaktif dan Swab/PCR positif Covid-19, Inisial STM, perempuan, usia 67 (tahun) warga kecamatan Jambi Timur, kota Jambi.

Riwayat penyakit seperti penyakit dalam dan sesak nafas, pengambilan spesimen tanggal (28/9/2020) dan hasil pemeriksaan tanggal (2/10) dengan hasil positif Covid-19, dirawat di RSUD H. Abdul Manap ( pasien rujukan dari RS Santa Theresia Jambi).

Berdasaarkan keterangan dari salah satu dokter RSUD H. Abdul Manap, bahwa pada hari minggu (27/9/2020) Pasien masuk RS. Santa Theresia Jambi diantar oleh keluarganya dengan keluhan penyakit dalam, sesak nafas berat, kemudian langsung diambil tindakan klinis dengan hasil Rontgen teridentifikasi suspek Covid-19 kemudian dilakukan Tes Rapid dengan hasil Non Reaktif.

Pada hari Senin (28/9/2020) dilanjutkan tindakan penanganan pencegahan Covid-19 oleh Dinkes Kota Jambi dengan pengambilan spesimen Swab terhadap pasien di RS. Santa Theresia untuk mendeteksi infeksi virus corona menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) uji sample spesimen tenggorok dahak, endotrachea, bilasan brochoalveolar, dan darah guna mengetahui apakah pasien terindikasi memiliki gejala Covid-19 dengan hasil Swabnya belum keluar (menunggu).

Lanjut, Pada hari Jum’at (2/10/2020) hasil pemerikasaa spesimen Swab pasien telah keluar dengan hasil Positif Covid-19, kemudian oleh DPJP RS. Santa Theresia pasien dirujuk ke RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi untuk dilakukan perawatan dan Isolasi, dikarenakan ruangan perawatan dan Isolasi di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi penuh akhirnya pasiendi rujuk ke RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi untuk menjalani perawatan dan Isolasi sebagai pasien Covid-19.

BACA JUGA:  Gubernur Jambi Lepas Petugas Patroli Pencegahan Karhutla

Sekira pukul 21.00 Wib pasien masuk ke Ruang Isolasi RSUD. H. Abdul Manap Kota Jambi, kemudian sekira pukul 05.30 Wib (Sabtu, 03/10/2020) pasien telah dinyatakan Meninggal Dunia oleh DPJP RSUD. H. Abdul Manap Kota Jambi.

Kemudian pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya untuk dimakamkan secara SOP/Protokol kesehatan Covid-19 kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi untuk diurus dan dimakamkan di Taman Pemakaman Tionghoa Pondok Meja.

Terkait hal tersebut, Johansyah juru bicara percepatan penanganan covid-19 provinsi Jambi saat dikonfirmasi jambidaily.com (Sabtu, 03/10/2020) malam, belum bisa memastikan “Bentar ya,” jawabnya singkat.

Sementara itu, laman http://pusatkrisis.kemkes.go.id/covid-19-id/ mempublikasi, Per 3 Okrober 2020 di provinsi Jambi terjadi 13 kasus baru dan 3 sembuh, tercatat secara kumulatif 571 Kasus positif, 276 sembuh dan 14 kasus kematian.

 

Editor: Hendry Noesae

 

 

Berita Terkait:
Satu Wartawan di Jambi, Dinyatakan Telah Sehat Covid-19 dan Kembali pulang

1 thought on “Lagi Satu Pasien Covid-19 Meninggal, Warga Kecamatan Jambi Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *