Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Ardy Daud Ajak TNI Tingkatkan Sinergitas Dalam Penanganan Covid-19

3 min read

JAMBIDAILY NASIONAL – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengajak TNI untuk meningkatkan sinergitas dalam penanganan Covid-19. Pernyataan ini disampaikannya usai mengikuti HUT ke-75 TNI tahun 2020 secara virtual, Senin (5/10/2020), bertempat di Balai Prajurit Korem 042/GAPU. Komandan Korem 042/Gapu, Brigjen TNI M.Zulkifli,S.IP,MM tampak khidmat menjalani seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI. Tampak pula hadir Kapolda Jambi, Ketua DPRD dan Forkompimda Provinsi Jambi lainnya. Pj.Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Sudirman,SH,MH juga hadir dalam acara tersebut.

Upacara peringatan HUT TNI yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo di Istana Presiden.

Ardy Daud menegaskan, TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI. “Perkenankan saya mewakili seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jambi, mewakili rekan-rekan Forkompinda serta masyarakat Jambi mengucapkan selamat ulang tahun TNI yang ke-75, dirgahayu TNI. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden tadi, kami juga mendoakan seluruh jajaran Korem 042/Garuda Putih semakin profesional kedepannya. TNI sebagai garda terdepan menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Ardy Daud.

“Saya ingin mengambil sebuah amanat kecil Panglima Besar Jenderal Sudirman pada waktu beliau pertama kali diangkat menjadi Panglima TKR “tentara hanya mempunyai kewajiban satu, ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya.”  Ada dua kekuatan dimana TNI dan Polri sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung,” terang Ardy Daud.

Dikaitkan dengan kondisi pandemi Covid-19, Ardy Daud menyatakan bahwa sinergi untuk negeri ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk kondisi saat ini. ”Sinergi untuk dua kekuatan tadi TNI/ Polri dan masyarakat untuk menjaga kedaulatan NKRI.  Sinergi ini tentunya diperlukan untuk kondisi sekarang terutama untuk menjaga ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Tentunya kalau sekarang tidak dalam bentuk perang konvensional, tetapi banyak bentuk-bentuk yang dapat menjadi sumber ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Tadi juga sudah disampaikan hal yang perlu kita cermati salah satunya  adalah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Sekaligus juga dalam kondisi ini kita melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Provinsi Jambi dan 5 (lima) kabupaten/kota di Provinsi Jambi secara bersamaan,” ungkap Ardy Daud.

BACA JUGA:  Corona Indonesia Update July 27: Positive Cases Reach 100,303

Ardy Daud menjelaskan, untuk menghadapi masalah dan tantangan saat ini, perjuangan para pahlawan bisa menjadi contoh semangat untuk  bekerja sama, bekerja keras mengatasi permasalahan. “Kami berharap agar TNI bisa terus membangun dan meningkatkan kapasitasnya, tadi ditekankan oleh  presiden tentang profesional, TNI diharapkan mampu mengemban tugas secara baik dan profesional, sesuai dengan kondisi, menangani krisis yang kita hadapi yaitu pendemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, serta menyukseskan agenda demokrasi nasional Pilkada 2020,” kata Ardy Daud.

Ardy Daud mengajak keluarga besar jajaran Korem 042/Garuda Putih  bersinergi menjadi pionir,  jadi contoh untuk penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19, dimana kedisiplinan menjadi kunci utama pengendalian Covid-19.

Selanjutnya, Ardy Daud mengapresiasi kepada TNI terutama jajaran 042/GAPU yang telah bersama pemerintah dan seluruh pihak terkait mengatasi pandemi Covid-19, baik di bidang medis maupun nonmedis, dan telah terlibat dalam mendukung terutama penegakan disiplin protokol kesehatan di ruang-ruang publik di Provinsi Jambi.

Komandan Korem 042/Gapu, Brigjen TNI M.Zulkifli, S.IP,MM menyampaikan, tema yang diambil pada HUT ke-75 TNI ini adalah “Sinergi untuk Negeri.” Tema ini diambil untuk menjadi semangat dalam menghadapi tantangan saat ini.

“Usia 75 tahun ini berarti TNI sudah cukup dewasa. Indonesia ini dari Sabang sampai Merauke ada berbagai permasalahan yang kita hadapi. Hari ini kita dihadapkan dengan permasalahan pandemi Covid-19.  Kita memerlukan strategi pertempuran yang tidak menggunakan senjata. Saat kita diminta banyak di rumah, kemudian kita juga diminta menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan lain sebagainya.

Zulkifli mengemukakan, menghadapi permasalahan Covid-19 bukan tugas pemerintah saja, tetapi seluruh komponen masyarakat.

Selain itu, terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Zulkifli mendambakan kondisi Jambi pada saat ia kecil dan dibesarkan di Jambi, Jambi bebas dari kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:  Update Corona 21 Agustus: 149.408 Positif, 102.991 Sembuh

Sebelumnya, Pjs.Gubernur Jambi dan Danrem 042/Gapu menyapa seluruh masyarakat yang berada di kabupaten/kota yang berkenaan dengan HUT ke-75 TNI, Korem 042/Garuda membuat program  Belajar di Koramil (Bedil). Ini bertujuan untuk mendukung terlaksananya proses belajar ditengah pandemi Covid-19. Setidaknya, ada 33 Koramil di jajaran Korem 042/Garuda Putih yang menerapkan belajar di Koramil. Program ini membantu masyarakat yang kesulitan untuk membeli paket internet. (Maria/edit: Mustar, foto: Adit, video: Roni/Humas Pemprov Jambi).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *