Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peduli Pasien Covid-19, Dandim Tanjab Bersama Kapolres Kunjungi Tempat Isolasi di Kuala Tungkal

2 min read

TANJAB BARAT (JAMBIDAILY) – Dalam Rangka HUT Ke – 75 TNI, Dandim 0419/ Tanjab Letkol Inf. Erwan Susanto, S. I. P didampingi Kapolres Tanjab Barat AKP Guntur Saputro, S.I.K. M.H. melaksanakan Kunjungan kelokasi tempat Isolasi Pasien Covid-19 di Kuala Tungkal, Senin (5/10/2020).

Adapun lokasi yang di kunjungi yakni RSUD. Daud Arif KualaTungkal, Eks Puskesmas Kuala Tungkal II serta Bank Mandiri Kual Tungkal.

Direktur RSUD KH. Daud Arif, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih Kepada Dandim 0419/Tanjab dan Kapolres Tanjab Barat yang datang dengan begitu perhatian kepada petugas RSUD. Daud Arif Kuala Tungkal dan kepada Pasien yang terkonfirmasi Covid – 19.

Saat ini RSU KH. Daud Arif Kuala Tungkal ada 18 orang sedang menunggu hasil Swab dan sebanyak 13 positif Covid – 19 di rawat, kondisi sarana dan prasarana sedang di persiapkan berupa penambahan gedung untuk yang terkonfirmasi positif dan pasien saat ini tidak menunjukan gejala yang berat tetapi butuh perawatan khusus., ujarnya.

Dandim 0419/Tanjab, Letkol Erwan mengatakan bahwa dalam rangka HUT TNI ke – 75 Kodim 0419/Tanjab berpatisipasi memberikan sedikit asupan gizi untuk pasien dan tenaga medis berupa madu dan sembako yang sangat bermanfaat secara kesehatan serta untuk menambah imun dan daya tahan tubuh.

TNI ikut berperan salah satu tugas utamanya yakni bersinergi dengan dinas terkait dalam rangka mencegah penyebaran virus corona yang saat ini makin meningkat dan mendirikan posko untuk mendorong pemerintah daerah sehingga dapat menangani secara serius, disarankan untuk menambah ruangan isolasi dan sedikit banyak bisa nampung pasien yang terpapar, ujarnya.

Lebih lanjut Dandim Tanjab mengatakan bahwa munculnya kasus baru, tidak boleh dianggap sepele karena dampaknya sangat luas. Petugas mesti lebih sering bahkan terus mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam tatanan hidup baru di tengah pandemi covid-19.
“Kasus baru ini jangan dianggap main-main karena akan menyebarluas. Saya takut dianggap remeh dan akan menjadi bom waktu. Jika mengikuti protokol maka pasti bisa dicegah. Petugas mesti sering-sering mengingatkan masyarakat dan itu mulai dari rumah”, kata Dandim.

BACA JUGA:  Dansatgas Cek Lahan Rawan Karhutla

Ia pun mengatakan bahwa TNI/Polri terus bersinergi dengan pemerintah dan elemen masyarakat untuk terus melakukan operasi penegakan disiplin di masyarakat. Namun dalam operasi ini, tegas Dandim, tetap dikedepankan sikap kooperatif yang bukan menakutkan masyarakat, tegasnya.

Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur, juga mengatakan bahwa penambahan hari ini ada 10 pasien dan ini merupakan perhatian khusus serta kita memastikan tenaga medis dan pasien dalam keadaan baik dan terpenuhi.

Pihak Rumah Sakit sudah mengambil langkah-langkah untuk menyiapkan sekitar 30 tempat yang sudah di siapkan untuk pasien, ujarnya.

Kami memberikan suport moril dan motivasi bahwa mereka tidak sendirian dan harus kuat. Fasilitas yang ada sudah sangat baik, termasuk perlengkapan. Tetapi kita tetap melakukan pemantauan dan apabila ada yang kurang akan segera lengkapi, ujarnya.

Terpantau dilapangan, dari kunjugan Dandim 0419/Tanjab beserta Kapolres Tanjab ke lokasi isolasi Pasien Covid-19 di Kuala Tungkal tersebut dalam Rangka HUT TNI – 75, dengan memberikan bantuan sembako yang bertujuan untuk memberikan motivasi dan moril serta bentuk perhatian kepada tenaga medis dan pasien yang sedang di rawat.

Dalam melaksanakan percepatan penanganan Covid – 19, TNI-Polri sangat mendukung sepenuhnya kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat. (**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *