Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Guru SMA Negeri 1 Jambi Ciptakan Buku dari PTK

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian praktis bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

Berangkat dari PTK inilah Noor Masri Karyawan, S.Pt, M.Pd. Guru SMA Negeri 1 Jambi menciptakan buku “Pena Digital Guru Milenial” (Antologi Tulisan Blog) dan “Meningkatkan daya serap Pelajaran Teknologi Informasi Komputer (TIK)”.

Menurut ayah dari M.Syahidan Hafiz Karyawan, menulis mutlak bagi guru, untuk bisa menulis wajib banyak membaca.

“Kita guru selama ini memang sudah membaca tapi sebagian kecil menulis apalagi menulis buku,” ujar suami Nilawati.

Lanjutnya, menulis merupakan pengejawantahan pikiran dan bacaan. Sebenarnya membuat tulisan mudah, yang sulit menterjemahkan pikiran ke dalam tulisan.

“ini semua dapat dilakukan, dengan adanya kemauan, ketekunan, kebiasaan, dan kontiunitas,” jelas Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi.

Tambahnya, buku yang ia tulis berdasarkan hasil PTK di kelas sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Jika ingin menciptakan sebuah buku akan lebih mudah berdasarkan keseharian dan profesi kita.
“Sambil menyelam minum air, kata pepatah. Sambil membuat PTK buku tercipta,” kata Ketua MGMP TIK Kota Jambi sambil bercanda.

Alumni S2 (Strata Dua) Teknologi Pendidikan Universitas Jambi 2012 ini memberikan motivasi untuk teman guru dalam menulis dan membuat buku yakni, tulislah apapun yang ada dalam fikiran, tuangkan dalam bentuk tulisan, nantikan apa yang akan terjadi.

“Andaikan kiat ini dijalankan, mudah-mudahan akan tercipta sebuah karya. Ada kepuasan batin yang tak ternilai harganya, karena buah karya kita dibaca orang lain,” pungkas guru yang telah banyak mendapat piagam penghargaan. (SB).

BACA JUGA:  Ditreskrimsus Polda Jambi pasang Aplikasi Asap Digital di Ruang ASOPS Kapolri

 

Curiculum Vitae
NOORMASRI KARYAWAN
1. Biodata Pendidikan
SD Pertiwi I Jambi 1978-1984
SMP Negeri 11 Jambi 1984-1987
SMA Purnama 1 Jambi 1987-1990
S1 Fak. Peternakan Universitas Jambi 1990-1994
S2 Teknologi Pendidikan Universitas Jambi 2009-2012

2. Data Keluarga
Istri : Nilawati
Anak 1 orang : M.Syahidan Hafiz Karyawan

3. Tugas lain selain mengajar
1. Operator DAPODIK
2. Instruktur TIK
3. Sekretarus MGMP TIK SMA Provinsi Jambi
4. Ketua MGMP TIK SMA Kota Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *