Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tinjau Lokasi Banjir, Dandim Sarko Berharap Warga Desa Ulak Makam dan Desa Rantau Limau Manis Tetap Siaga

2 min read

MERANGIN (JAMBIDAILY) – Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han. tinjau lokasi banjir di Desa Ulak Makam dan Desa Rantau Limau Manis Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin, Minggu (11/10/2020).

Dalam tinjauannya, Dandim didampingi Danramil 420-08/Tabir Kapten Kav Mahnun, Danunit Intel Kodim 0420/Sarko Letda Inf Hengki, Kades Rantau Limau Manis Bpk Bunyamin, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Rantau Limau Manis Bripka Aries serta 2 orang anggota BPBD Merangin.

Dikatakan Dandim usai tinjau lokasi, banjir terjadi hari ini sekira pukul 10.00 Wib, debit air mulai masuk ke pemukiman di Desa Ulak Makam Kecamatan Tabir Kab. Merangin dengan ketinggian ± 35 cm yang berasal dari luapan Sungai Aur. Hasil pendataan Babinsa yang berkoordinasi dengan Kades, untuk sementara hanya merendam 15 rumah warga.

Sedangkan pukul 10.45 Wib debit air di Desa Rantau Limau Manis Kec. Tabir Kab. Merangin mencapai 130 cm akibat luapan Sungai Aur, disini banjir merendam 69 rumah dan 3 Sekolah Dasar (SD), untuk korban jiwa Nihil”ungkap Dandim.

“Kita sudah berkoordinasi dengan unsur terkait. BPBD aka segera menstandbykan 1 unit LCR dan kepada Kepala Desa agar menentukan titik evakuasi untuk warga yang terkena dampak apabila debit air meningkat, mengingat cuaca berpotensi curah hujan tinggi”, terangnya lagi.

Banjir yang terjadi di wilayah Tabir sudah menjadi langganan pada setiap musim hujan khususnya di Desa Rantau Limau Manis dan Desa Ulak Makam.

Tingginya curah hujan dalam beberapa hari ini menyebabkan sungai Aur meluap dan mengakibatkan rumah warga terendam, disamping kondisi rumah warga yang berada di daerah rendah yang berpotensi terkena banjir dan banjir di wilayah Tabir sifatnya sementara atau banjir lewat. Meskipun demikian diharapkan masyarakat diwajibkan untuk tetap siaga banjir dan menjaga kebersihan lingkungan, pungkasnya. (**/)

BACA JUGA:  Danramil Sungaimanau Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan di Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *