Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Meski di Tengah Pandemi COVID-19, Prajurit Kodim 0416 Bute Tetap Asah Kemampuan   

2 min read

BUNGO (JAMBIDAILY) – Meski ditengah pandemi COVID-19, prajurit TNI Kodim 0416/Bute tetap asah kemampuan, sekaligus evaluasi pelaksanaan disiplin Protkes wilayah binaan dengan Tema “Melalui Kegiatan Kemampuan Apkowil Tersebar, Kita Tingkatkan Profesiaonalisme Apkowil Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Binter Pada Tatanan Baru (New Normal)”.

“Walau ditengah pandemi COVID-19 kita tetap mengasah kemampuan para prajurit, agar tetap tajam dan terpercaya. Agar mereka jangan lengah dan terlena,” kata Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Widi Rahman, SH, M.Si, saat membuka acara Pembinaan Kesiapan Apkowil dan Peningkatan Kemampuan Teritorial Kodim 0416/Bute Triwulan IV Tahun 2020, bertempat di Ball Room Hotel Semagi Kel. Pasar Bawah Kab. Bungo, Senin (12/10/2020).

Lebih lanjut, Dandim Bute, Letkol Inf Widi Rahman menjelaskan, tujuan kegiatan ini agar dapat terpeliharanya sekaligus meningkatkan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan dalam menjabarkan dan mensosialisasikan pembinaan teritorial di wilayahnya.

Kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial, dimaksudkan untuk meningkatkan Sumberdaya Prajurit, kesiapan Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

“Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial. Oleh karena itu harus memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas, serta mampu berintegrasi dengan komponen bangsa lainnya,” jelas dia.

Menurutnya, hal ini juga memberikan motivasi, dorongan kepada prajurit dalam rangka mensukseskan tugas pokok aparat kewilayahan.

“Sebagai aparat kewilayahan, prajurit Kodim 0416 Bute agar meningkatkan penguasaan wilayah, diantaranya, Geografi, Demografi dan kondisi sosial,” ucap dia.

Ia juga berharap para Babinsa mampu memahami tugas dan fungsinya sebagai Aparat Kewilayahan, sehingga tidak ada keraguan dalam mengaplikasikanya di lapangan.

“Pertajam kembali tugas dan tanggung jawab sebagai aparat Satuan Komando Kewilayahan, guna menyamakan langkah, visi, misi dalam pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara, melalui tugas pembinaan teritorial diwilayahnya. Serta dapat terpelihara Kemanunggalan TNI-Rakyat,” tandasnya.

BACA JUGA:  Eratnya Hubungan Kekeluargaan Satgas TMMD Ke-109 Kerinci dengan Orang Tua Asuh

Dandim pun berpesan kepada para Danramil dan Babinsa harus kreatif dalam penanganan COVID-19 dengan selalu bersinergi bersama aparat di kecamatan.

“Jangan bosan menghimbau dan mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan Protokol kesehatan Covid-19, seperti Tetap waspada dan tidak panik, Hindari keramaian baik itu tempat tertutup maupun tempat terbuka, Gunakan masker di mana saja dan kapan saja bahkan dalam ruangan, Ciptakan ruangan dengan ventilasi yang baik seperti, membuka jendela sesering mungkin, Tetap jaga kebersihan tangan serta hindari menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tangan dan Selalu terapkan jaga jarak pada aktivitas sehari-hari, ucapnya.

Kegiatan ini, diikuti seluruh Danramil, Bati Tuud dan Babinsa, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19, seperti jaga jarak, menggunakan masker, cek suhu tubuh dan lain sebagainya. (**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *