Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kadinkes Kota Jambi, Menghimbau Warga Harus Patuh dan Saling Mengingatkan 3M

2 min read

JAMBIDAILY KESEHATAN – Kondisi kasus baru covid-19 yang masih terus menunjukan peningkatan, menjadi tugas bersama agar saling mengingatkan dan tumbuhnya kesadaran dari masyarakat, dengan tekad memutus rantai penyebaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Jambi, Ida Yuliati (Jum’at, 16/10/2020) menerangkan pentingnya Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak (3M) “Mari kita sama-sama memutus rantai penularan covid-19 dengan melaksanakan 3M; memakai masker dengan benar, mencuci tangan menggunakan sabun/hand sanitizer, dan menjaga jarak/physical distancing,” Jelasnya.

Ida mengingatkan, protokol kesehatan sudah semestinya dijalani secara benar dan tepat, tidak dilaksanakan hanya melepas kewajiban saja.

“Penggunaan masker bisa menurunkan resiko penyebaran penyakit, termasuk infeksi virus Corona. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari,” Ungkapnya.

“Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, sebelum menyusui anak setelah menggunakan toilet, menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cucilah tangan dengan menggunakan air mengalir dan memakai sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih/ mesin pengering tangan. Jika sulit untuk menemukan air dan sabun, bisa membersihkan tangan dengan handsanitizer,” Bebernya menambahkan.

Kepala Dinkes Kota Jambi, mengharapkan masyarakat memiliki kesadaran akan hal tersebut. Terutama masih ditemukannya warga yang tidak menggunakan masker

“Masih kurang kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penularan covid-19, atau mungkin masih ada yang belum memahami tentang covid-19 itu sendiri, kami mengajak masyarakat saling mengingatkan apabila ketemu ada yang tidak pakai masker,” Harapnya.

BACA JUGA:  Sekda: Pemprov Jambi Berikan Perhatian Besar Tanggulangi Stunting

Disinggung masih saja warga terlihat mengabaikan dalam menjaga jarak saat ditengah kerumunan atau pasar?

“Kadang itu mungkin tidak disengaja, untuk itu semua kita agar dapat saling mengingatkan jika ada yang melanggar protokol kesehatan,” Pungkasnya.

 

 

(Hendry Nursal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *