Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sapa Warga, Babinsa Beri Himbauan Untuk Pakai Masker

2 min read

BUNGO (JAMBIDAILY) – Penyebaran Virus Corona Covid-19 sampai saat ini masih menjadi masalah di seluruh dunia, tidak terkecuali di Wilayah Provinsi Jambi. Beragam upaya terus dilakukan untuk mencegah penyebarannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker.

“Kita harus memakai masker untuk menjaga hidung dan mulut, juga pernapasan untuk mencegah batuk atau bersin yang memungkinkan penyebaran penyakit ke lingkungan dan terhadap orang lain”, kata Sertu Irwantoni, Babinsa Rantau Pandan, Koramil 01/RP, Kodim 0416/Bute saat melaksanakan edukasi penggunaan masker kepada masyarakat di desa binaannya, Kamis (15/10/2020).

Di tengah wabah yang sedang melanda ini kemungkinan bisa saja terjadi semakin menjalarnya virus tersebut, sebagaimana kita ketahui dari beberapa media di Jambi bahwa hasil dari data yang diambil sejak tanggal 5 hingga 11 Oktober, Kota Jambi sudah termasuk dalam zona merah atau zona risiko tinggi. Status ini juga dilihat dari penambahan kasus pada periode penelitian. “Zona merah ini artinya penyebaran virus belum terkendali, dan transmisi lokal sudah terjadi dengan cepat dan wabah menyebar secara luas, serta banyak klaster-klaster (Covid) baru,” jelasnya.

Selain itu, ada 6 zona yang ditetapkan zona oranye atau risiko sedang. Diantaranya Daerah Bungo Tebo masih zona oranye artinya penyebaran tinggi dan potensi virus tak terkendali, transmisi lokal mungkin bisa terjadi, transmisi dari kasus yang masukmungkin terjadi dengan cepat, dan klaster baru harus terpantau dan terkontrol,” ujarnya.

Dengan adanya kebijakan baru dari pemerintah, saat ini kita mendorong agar seluruh masyarakat menggunakan masker apabila berkegiatan di luar rumah atau ke tempat umum.

“Pemerintah menghimbau agar patuhi Protokol Kesehatan, diantaranya setiap yang keluar rumah harus pakai masker,” ujar pak Babinsa.

BACA JUGA:  Teleconference Kasad RSPAD Terkait Perkembangan Pembangunan Laboratorium PCR⁣⁣

“Dengan menggunakan masker akan memperkecil resiko terhadap penularan penyakit corona, masyarakat dapat membantu cegah penyebaran virus Corona,” lanjutnya.

Mungkin situasi saat pemakaian masker dapat mengurangi tingkat penyebaran, bahkan diharapkan bisa menghentikan perkembangan virus corona.

“Kita selalu mengingatkan kepada masyarakat, untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19, harus mematuhi himbauan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan, Pakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumun orang banyak, serta rajin mencuci tangan dengan sabun, tambahnya. (**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *