Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

‘Gerakan Bangkit Bangsa ku’ ACT Fokus Selamatkan Sektor Vital di Masa Covid-19

2 min read

JAMBIDAILY EKONOMI – Pandemi Covid-19 di tanah air telah berlangsung cukup lama. Dampaknya, banyak orang kehilangan pekerjaan, para pengusaha yang gulung tikar, sampai tidak adanya penghasilan. Tentunya hal itu membuat perekonomian bangsa menurun drastis, hingga bangsa ini terancam resesi ekonomi.

Merespon kondisi tersebut, pada moment Hari Pangan Sedunia lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Jambi meluncurkan Gerakan Bangkit Bangsaku untuk menjaga semangat optimisme bangsa serta meluaskan andil dalam membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan ancaman resesi ekonomi, Sabtu (17/10/2020).

“Di tengah pandemi saat ini hal yang paling terasa adalah lesunya ekonomi, dimana para pedagang kecil dan UMKM terkena imbas, sektor kesehatan yang memerlukan dukungan bersama, serta sektor sosial agar masyarakat mampu untuk menopang kebutuhan hidup dasar,” ujar Ilham Reza Fahlevi, Kepala Cabang ACT Jambi saat peluncuran program Bangkit Bangsaku di Transmart Jambi.

Melalui gerakan Bangkit Bangsaku inilah ACT Jambi berfokus pada penyelamatan 4 sektor vital, yakni sosial, ekonomi, dan kesehatan, serta sarana sanitasi dan air bersih.

Di sektor sosial, ACT berfokus pada isu pangan untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, melalui program Lumbung Sedekah Pangan (LSP), Operasi Pangan Gratis (OPG), Operasi Beras Gratis (OBG), Operasi Makan Gratis (OMG), serta Sembako gratis untuk Lansia dan anak yatim.

Untuk sektor ekonomi, ACT membantu para pelaku usaha mikro dan ultra mikro agar mampu bertahan dan bangkit di tengah ancaman resesi ekonomi melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro (WMUM), Sahabat UMI (Usaha Mikro Indonesia).

Sementara di sektor kesehatan, ACT sedang berupaya membantu penyediaan APD bagi petugas medis, aksi disinfektan, penyemprotan probiotik, hingga dukungan pangan dan multivitamin bagi tenaga kesehatan yang menangani langsung kasus Covid-19.

BACA JUGA:  Strategi Bisnis dan Rahasia Pengusaha Muda Jambi Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

“Fokus kami di Jambi selain memberikan bantuan juga ingin memandirikan masyarakat melalui ekonomi. Juga pemenuhan kebutuhan paling dasar salah satunya adalah pangan, dan modal usaha mikro” tambah Ilham.

Selain Kepala Cabang ACT Jambi, hadir pula sebagai pemateri dalam acara tersebut Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, dan salah satu pendiri startup sukses Payo Kepasar Rice Yogina, serta Achmad Affandi Cs Manager Transmart Jambi,

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno mengatakan saat ini roda perekonomian masyarakat menurun akibat dampak Covid-19. Oleh karena itu dirinya berharap melalui program – program ACT ini semoga dapat membantu memulihkan ekonomi masyarakat.

”Saat ini kita tahu ekonomi masyarakat terjadi penurunan aktivitas karena dampak Covid-19 ini, Oleh karena itu kita berharap dalam mendorong percepatan ekonomi masyarakat, Melalui ACT ini banyak sekali program – program yang ada didalam ACT dan semoga dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *