Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Apkowil Tingkatkan Kemampuan Bantu Penanggulangan Wabah Covid-19

2 min read

Jambi (JAMBIDAILY) – Kepala Staf Kodim 0415/Batanghari, Letkol Inf Tri Nugroho, S.Pd., menegaskan bahwa keberhasilan pembinaan teritorial TNI ditentukan oleh tingkat kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), baik secara individu maupun kelompok atau satuan. Dengan demikian, kemampuan Apkowil perlu ditingkatkan melalui pembekalan ini.

Kemampuan Apkowil perlu ditumbuhkembangkan agar mencapai hasil yang optimal, khususnya untuk mewujudkan Apkowil yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam menyelenggarakan kegiatan teritorial di wilayah tugasnya masing-masing, baik pada kondisi biasa maupun kontijensi seperti wabah Covid-19, tegas Kasdim saat membacakan sambutan Dandim 0415/Batanghari, Kolonel Inf J. Haiyanto, S.I.P., M.I.P., pada pembukaan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Katpuan Apkowil) secara tersebar Kodim 0415/Batanghari TA. 2020, di gedung serba guna Kodim 0415/Batanghari, Jalan Untung Suropati, Jelutung, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi, Senin lalu (19/10/2020).

Menurut Kasdim bahwa pembinaan peningkatan kemampuan Apkowil tersebut merupakan upaya yang dilaksanakan oleh TNI secara perorangan, kelompok dan satuan melalui komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah dan bhakti TNI untuk membangun kemanunggalan TNI dengan rakyat, dan pemberdayaan wilayah pertahanan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil Tersebar di Kodim 0415/Batanghari ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian Babinsa dan Danramil jajaran Kodim dalam rangka meningkatkan kemampuan Apkowil guna menyiapkan prajurit yang tangguh, profesional dan modern dibidang teritorial, ujarnya.

Lebih lanjut, Letkol Inf Tri Nugroho mengatakan bahwa Kemampuan Apkowil perlu ditumbuhkembangkan agar mencapai hasil yang optimal, khususnya untuk mewujudkan Apter yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam menyelenggarakan kegiatan teritorial di wilayah, baik pada kondisi biasa maupun seperti wabah Covid-19, karena kegiatan ini berkaitan langsung dengan keberadaan aparat Kowil terutama bagi Babinsa yang langsung terjun kelapangan dan berhadapan dengan segala macam bentuk dan karakter masyarakat, jelasnya.

BACA JUGA:  Kontingen Garuda Indobatt XXIII-N/Unifil Cegah Pertikaian Senjata Tentara Israel dengan Tentara Lebanon di Perbatasan Kedua Negara

Sementara itu, Pasiter Kodim 0415/Batanghari, Mayor Inf Beni, mengatakan penyelenggaraan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar di Kodim 0415/BatanghariI ini untuk meningkatkan kemampuan Aparat Satkowil yang tangguh, profesional, dan modern dibidang teritorial. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 90 orang dengan komposisi terdiri atas Babinsa dan Danramil sebanyak 60 orang dan Prabinsa Baru yang sedang melaksanakan pembekalan di Makodim 0415/Batanghari sebanyak 30 orang.

“Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya prajurit Satkowil Kodim 0415/Batanghari yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan bakti TNI, Komsos, Pertahanan wilayah, Lima Kemampuan Teritorial, memiliki etos kerja yang tinggi, kreativitas, inovatif dan leadership di lingkungannya karena rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta kemampuan daya tangkal terhadap setiap permasalahan yang dapat mengganggu stabilitas wilayah,” ujarnya.

Kegiatan Katpuan Apkowil tersebut direncana akan berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 19 sampai dengan 23 Oktober 2020, dengan materi diantaranya Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Metode Binter, Sisrendal Binter, Ketatalaksanaan Binter, Medsos dan Hoax, Pengetahuan Covid-19, Kesehatan Masyarakat, NetralitasTNI, Komunikasi Massa serta diskusi dan ketangkasan, paparnya. (**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *