Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tanpa Mengenal Menyerah, Babinsa Bersama Satuan Gugus Tugas Terus Patroli dan Sosialisasi Protkes

1 min read

Jambi (JAMBIDAILY) – Mengantisipasi meningkatnya penyebaran covid-19 di area publik, beberapa cara dan metoda terus dilakukan oleh tim terpadu Satuan Gugus Tugas Kota Jambi.

Kecenderungan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan (Protkes) terutama penggunaan masker semakin menurun. Kewajiban memakai maskerpun juga terabaikan.

Guna menekan angka penyebaran khususnya di area publik tugu keris yang menjadi simbol atau ikon kota Jambi, sekaligus menjadikan tempat tersebut steril dan tidak menjadikannya sebagai klaster baru penyebaran, petugas terus menjaga, melakukan patroli dan sosialisasi tanpa kenal menyerah di area tersebut.

“Masyarakat mulai enggan mematuhi protkes, khususnya pemakaian masker. Berbagai sanksi sebagai bentuk penindakan agar timbul efek jera terasa kurang efektif.” ujar Sertu M.P. Sitanggang, Babinsa Koramil 09/Telanaipura, Kodim 0415/Batanghari saat ia mengikuti patroli penegakkan disiplin protkes di tugu keris, Kamis malam (22/10/2020).

Lebih lanjut, Sitanggang berpendapat kalau perlu dilakukan pemahaman, penyadaran dan pendisiplinan yang lebih intens dengan melibatkan para tokoh seperti tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh lainnya dengan menggunakan kearifan lokal yang mudah diterima.

Masih menurut Sitanggang, selama ini peran dan pelibatan tokoh dalam penanganan covid-19 relatif sangat kecil. Tugas tersebut didominasi oleh petugas dengan pendekatan penegakkan yang kurang bisa diterima oleh beberapa kelompok masyarakat, sehingga masyarakat cenderung menggunakan masker hanya karena ada petugas saja. (**/)

BACA JUGA:  Jelang Berakhirnya Pelaksanaan TMMD, Tugu Prasasti Mulai di Bersihkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *