Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tak Hanya Wisata Pesisir, Tanjung Pinang Tawarkan Wisata Ziarah dan Sejarah

2 min read

JAMBIDAILY WISATA-Siapa yang tak kenal keindahan wisata pesisir di Pulau Bintan ? salah satu destinasi wisata yang menjadi kekayaan Kepulauan Riau.

Tanjung Pinang yang menjadi Ibukota Provinsi Kepulauan Riau menyimpan kekayaan alam dan layak menjadi salah satu tujuan wisata, baik wisnus maupun wisman.

Bagi anda yang menyenangi wisata ziarah, Tanjung Pinang juga menawarkan beberapa destinasi wisata ziarah dan sejarah.

Setidaknya ada beberapa destinasi wisata ziarah dan sejarah yang wajib dikunjungi ketika kita menjejakkan kaki di Bumi Peninggalan Kesultanan Lingga Riau ini.

  1. Pulau Penyengat

Masuk dalam jajaran calon situs warisan oleh UNESCO, Pulau Penyengat juga menjadi objek wisata andalah Tanjung Pinang. Terletak di tengah laut, Anda harus menyewa perahu ataupun mengikuti paket tur untuk bisa sampai ke Pulau Penyengat.

Disana Anda akan menemukan banyak peninggalan yang berasal dari berbagai pemerintahan yang dulunya berkuasa di Pulau Penyengat, diantaranya Kesultanan Johor, Siak, Lingga, Pahang, hingga Kesultann Riau itu sendiri.

  1. Vihara Seribu Wajah

Jika mengunjungi Tanjung Pinang, jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi vihara ini. Tak perlu khawatir, vihara ini dibuka untuk umum dan bisa di datangi oleh pemeluk agama lain. Arsitekturnya menarik dengan bentuk bangunan yang menyerupai tempat ibadah China.

Yang menarik dari objek wisata ini adalah adanya 500 patung batu yang ditampilkan di halaman vihara. Patung-patung tersebut merupakan hibah dari pengusaha China yang namanya dipahat dalam bagian keterangan patung.

  1. Masjid Raya Sultan Riau

Masjid ini telah masuk sebagai bangunan cagar alam yang ditetapkan oleh provinsi Kepulauan Riau. Ini karena masjid tersebut merupakan bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak masa pemerintahan Kesultanan Islam di pulau Penyengat.

BACA JUGA:  Rindu Liburan,? Objek Wisata di Jambi Akan Buka, Ini Penjelasan Disbudpar Prov Jambi

Dibangun selama 40 tahun, Masjid Raya Sultan Riau di dominasi warna kuning dan hijau, dan menjadi bangunan yang mencolok. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat siluetnya dari pantai Pulau Penyengat.

  1. Masjid Raya Dompak

Masjid Raya Dompak terkenal sebagai objek wisata religi di Tanjung Pinang. Nama lainnya adalah Masjid Biru dan Masjid Kepulauan Riau. Dibangun di dataran tinggi, Anda bisa melihatnya dari pesisir pantai.

Dengan menaranya yang tinggi, Anda bisa naik hingga ke puncaknya dan menyaksikan seluruh Pulau Dombak dan Kota Tanjung Pinang yang dihubungkan dengan sebuah jembatan yang cantik.

  1. Masjid Pink

Sebagai daerah yang dulunya merupakan wilayah Kesultanan Islam, Tanjung Pinang memiliki banyak masjid yang tersebar di wilayahnya. Salah satunya yang cukup terkenal adalah masjid unik yang berwarna pink.

Secara administratif, masjid ini sebenarnya masuk dalam Kabupaten Bintan, namun Anda bisa mengunjunginya dari Tanjung Pinang. Dengan arsitektur dan warna yang menarik, akan sayang untuk melewatkan objek wisata religi yang satu ini.

  1. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Pemerintah Kepulauan Riau memberikan fasilitas berupa museum untuk wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Pinang dan ingin mengetahui bagaimana sejarah berdirinya kota tersebut, sekaligus melihat berbagai peninggalan Kesultanan Riau sebelumnya.

Selain berwisata secara edukasional, Anda juga akan mengetahui sejarah singkat bagaimana pengaruh Kesultanan tersebut dan perkembangannya, dari berbagai benda koleksi yang ditampilkan oleh Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah.(*/Ind)

 

Sumber : https://indonesiadaily.co.id (Media Group)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *