Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pengusaha Papan Bunga: Dulu Jarang Tidur, Sejak Pandemi Banyak Nganggur

2 min read

JAMBIDAILY EKONOMI- Semenjak pandemi Covid-19 melanda, seluruh sektor perekonomian terimbas. Termasuk usaha papan bunga yang pendapatannya turun drastis sejak beberapa bulan lalu.

Penurunan usaha ini dikarenakan kegiatan-kegiatan formal termasuk acara hajatan jarang digelar menyusul aturan yang melarang berkumpulnya orang dalam jumlah banyak.

Owner NR Florist Lubuklinggau, Pranata Meksiko, yang ditemui wartawan, Jumat (30/10), mengaku, usahanya sempat tak bergerak sama sekali saat pemerintah menetapkan aturan tersebut. Namun ia tidak berkecil hati mengingat hal itu untuk kepentingan orang banyak.

“Mulai dari awal tahun 2020 pesanan memang sudah mulai menurun. Bahkan, di bulan Maret hingga Mei sempat benar-benar turun drastis, itu seiring pemerintah melarang adanya kegiatan-kegiatan serta acara yang mengundang orang banyak,” ujar Pranata Meksiko yang gerai floristnya berada di Jalan Ketitiran RT 04 No 247 Kelurahan Bandung Ujung, Kota Lubuklinggau.

Tapi, diakui Pranata bahwa dirinya masih tetap bersyukur, mengingat sejumlah karyawan yang bekerja di gerai florist miliknya memahami kondisi tersebut dan berupaya mencari penghasilan lain.

“Kondisinya seperti itu, jadi mau diapakan lagi. Dulu kita ini jarang tidur, semenjak pandemi malah banyak nganggur. Beruntung teman-teman di NR Florist paham dan berupaya mencari penghasilan lain,” kata Pranata.

Menurut Pranata, dirinya bahkan sempat beralih menjual pot bunga dan bunga hias, untuk memastikan karyawannya tetap memiliki penghasilan selama pandemi.

“Sempat jual pot bunga dan bunga hias, karena lagi booming juga kan waktu itu, tapi melihat pembeli yang juga kian berkurang sekarang, jadi berhenti juga,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, agar pandemi ini dapat segera berakhir, sebab tidak hanya usaha florist miliknya yang merasakan dampak tersebut, namun seluruh usaha juga terkena imbas akibat kondisi tersebut.

BACA JUGA:  Walau ‘Perih’ PetroChina Tetap Berprestasi dan Memberi di Masa Covid-19

“Hanya berdoa saja semoga cepat kembali normal lagi. Sebab dampaknya luar biasa sekali,” pungkas Pranata seperti dilansir kliksumatera.com. (*)

 

Sumber: Media Group Siberindo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *