Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

TNI dan Polri Kawal Prosesi Pemakaman Jenazah Pasien Covid -19

2 min read

Tanjab Barat (JAMBIDAILY) – Salah seorang warga SY (49) asal Desa Lampisi, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjab Barat yang terpapar covid – 19, akhirnya meninggal dunia, Jum’at pagi (30/10/2020). Jenazah SY ini dimakamkan di TPU Khusus Covid -19 Pemkab Tanjab Barat, di Desa Lubuk Terentang Kecamatan Betara Kabupaten Tanjab Barat.

SY meninggal dunia di salah satu Rumah Sakit di Kota Jambi karena terinfeksi penyakit yang sangat di takutkan saat ini.

Dari keterangan yang di dapat jambidaily.com, bahwa Sebelumnya SY sudah menderita sakit gagal ginjal/cuci darah selama kurang lebih 2 bulan di Rumah Sakit tersebut dan selama perawatan Almarhum tidak pernah pulang ke Desa Lampisi.

SY di ambil Uji SWAB Covid-19 pada tanggal 27 Oktober 2020 oleh pihak Rumah Sakit dengan hasil Uji SWAB Laboratorium POSITIF COVID-19.

Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto melalui Kasdim Mayor Chb Indra Wijaya, melalui rilis tertulisnya membenarkan bahwa anggotanya dari Koramil Tungkal Ilir bersama Polsek Betara mengawal prosesi pemakaman warga yang terinfeksi Virus Corona, dan pemakaman SY ini sesuai protokol kesehatan covid – 19.

Prosesi pemakaman Pasien Covid 19 tersebut di kuburkan sesuai dengan SOP Pasien Covid 19 yang dilakukan oleh 4 orang petugas pemakaman jenazah dari BPBD Tanjab Barat dengan mengunakan APD lengkap. Sementara itu dalam prosesi pemakaman turut hadir pihak keluarga, tambah Indra.

Sementara itu, APD yang di pergunakan oleh petugas pasca penguburan pasien positif Civid 19 langsung diamankan oleh pihak rumah sakit, ujar Indra.

Pada kesempatan ini saya mengingatkan kepada keluarga Almarhumah maupun warga semua untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, pola makan sehat dan berolahraga, pungkasnya.

BACA JUGA:  Komsos Dengan Warga Binaan, Babinsa Koramil Nipah Panjang Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Hadir dalam prosesi pemakaman selain pihak kekuarga, juga Kasdim 0419/Tanjab bersama Babinsa Betara, Koramil Tungkal Ilir dan Kapolsek Betara beserta anggota, pegawai Pukesmas Sukerejo Betara, Pukesmas Lubuk Kambing serta Sekcam Renah Mendalu. (**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *