Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

LPM Patriotik Gelar Praktik Jurnalistik dengan Penerapan Prokes Ketat

2 min read

LPM Patriotik Universitas Batanghari Jambi, menggelar praktik jurnalistik/Jambidaily.com

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Patriotik Universitas Batanghari (Unbari) Jambi, menggelar praktik jurnalistik (Sabtu, 31/10/2020) untuk anggota muda (AM) yang telah dilantik pada 18 Oktober 2020 dengan tetap patuh pada protokol kesehatan covid-19.

Praktik lapangan tersebut mengambil lokasi di Candi Muaro Jambi, Kompleks percandian terluas di Asia Tenggara dan terbesar di pulau Sumatera, terletak pada tanggul alam kuno Sungai Batanghari. Situs mempunyai luas 12 km persegi, panjang lebih dari 7 kilometer, terbentang dalam area sebesar 260 hektar.

Terletak di Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi, provinsi Jambi, Indonesia, tepatnya di tepi Batanghari. Dan sejak tahun 2009 Kompleks Candi Muaro Jambi telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

“Ini merupakan lanjutan dari pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD) ke XIV pada Sabtu-Minggu (17-18 Oktober 2020),” Terang Pimpinan Umum LPM Patriotik, Wahyu Jati (Minggu, 01/11/2020).

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan bahwa kegiatan di Candi Muaro Jambi untuk Anggota Muda (AM) ialah pendalaman ilmu tentang jurnalistik sekaligus praktik penulisan berita untuk membangun mental sebagai jurnalis nantinya. Mereka juga wawancara kepada masyarakat di sekitar komplek percandian.

“Ini proses AM menjalankan tugas di internal LPM Patriotik, sebelum diangkat menjadi anggota Tetap untuk menjalankan roda organisasi kedepannya. Karena sebagai jurnalis kampus mereka diharuskan turun kelapangan agar melihat kondisi yang nyata dan fakta untuk disajikan kepada masyarakat luas, menulis butuh disajikan secara realita,” Urai Wahyu Jati.

(Saat Pelantikan Anggota Muda LPM Patriotik, 18 Oktober 2020/Dok. LPM Patriotik)

Menghadirkan pemateri Hendry Nursal, Ketua PWI Kota Jambi. Wahyu, sebagai pimpinan di lapangan terus mengawasi dengan ketat 10 AM yang dibawanya ke kawasan publik tersebut mengingatkan protokol kesehatan sebab belum usainya pandemi covid-19.

BACA JUGA:  Peduli Pendidikan SKK Migas - PetroChina Bantu Perpustakaan hingga Beasiswa

“Kita tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M; Mengunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Waktu sampai di lokasi Candi Muaro Jambi pihak disana menyediakan tempat mencuci tangan agar terhindarnya penyebaran covid-19,” Tegas Wahyu.

“Terima kepada bang Hendry Nursal seharian penuh menemani Anggota Muda LPM Patriotik belajar dan berbagi pengalaman serta ilmunya,” Tandas Wahyu.

Disisi lain, Hendry Nursal sampaikan apresiasinya terhadap kegiatan praktik lapangan yang di gelar LPM Patriotik “Saya menilai baik kegiatan ini, walaupun di tengah pandemi praktik lapangan tetap di gelar dan tetap aptuh protokol kesehatan. Ini menunjukan mereka selaku mahasiswa terus produktif tak terhalang oleh pandemi, dengan cara mematuhi aturan pemerintah,” Tutur Hendry.

 

(Hendry Noesae)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *