Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dandim 0415/Batanghari : GM FKPPI Kota Jambi Harus Mampu Melahirkan Calon Pemimpin Bangsa

3 min read

Jambi (JAMBIDAILY) – Komandan Kodim 0415/Batanghari, Kolonel Inf J. Hadiyanto melalui Kasdim, Letkol Inf Tri Nugroho, berharap kepada Generasi Muda FKPPI mampu melakukan strategi organisasi dan kaderisasi untuk melahirkan calon pemimpin bangsa.

“Semboyan Generasi Muda FKPPI adalah kuat, solid dan militan. Apalagi landasan juang Generasi Muda FKPPI adalah spirit Sumpah Pemuda 1928, Semangat Juang 1945, Semangat Sapta Marga dan Semangat Tri Brata. Karena itulah wajib hukumnya bagi organisasi Generasi Muda FKPPI mencetak calon pemimpin bangsa yang bisa berada di mana-mana termasuk di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara”.

Hal tersebut dikatakan Kasdim, Letkol Tri Nugroho saat membacakan sambutan Dandim 0415/Batanghari pada acara Kaderisasi calon GM FKPPI 0501 Kota Jambi, di Aula Orang Kayo Hitam, Kodim 0415/Batanghari, Jl. Untung Suropati, Jelutung, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi, Senin (2/11/2020).

Kasdim menguraikan lebih lanjut bahwa GM FKPPI merupakan kawah candradimuka yang siap mencetak dan melahirkan calon – calon pemimpin di masa depan yang memiliki komitmen kuat menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan UUD NRI tahun 1945. Komitmen kuat tersebut termaktub jelas dalam pembukaan AD/ART GM FKPPI. Dengan demikian, politik GM FKPPI adalah politik negara dan bukan politik partisan.

GM FKPPI juga telah menyadari peran pentingnya sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki kewajiban melanjutkan cita – cita proklamasi 17 Agustus 1945 yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Menurutnya, kukuhnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan syarat mutlak bagi tetap utuh dan berdirinya bangsa Indonesia. Para pendiri bangsa telah mewariskan seperangkat prinsip bernegara yaitu, Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Seperangkat aturan bernegara ini telah final dan menjadi konsensus bersama sejak Indonesia berdiri di tahun 1945.

BACA JUGA:  Cegah Corona, Babinsa Bersama Relawan Desa Lubuk Sebontan Maksimalkan Posko Siaga Covid-19

Dalam kondisi apapun, kata dia, aturan bernegara tersebut harus dijaga, tidak boleh digadaikan, apalagi dijual hanya untuk kepentingan orang per orang,” jelas Kasdim.

Pada bagian lain, Tri Nugroho juga menyinggung situasi terkini yang tengah dihadapi bangsa Indonesia, yaitu mewabahnya pandemi COVID-19 yang telah menghantui bangsa Indonesia sejak Maret 2020 lalu.

Jumlah kasus COVID-19 di Tanah Air terus meningkat per harinya. Terus meningkatnya jumlah penderita virus asal Wuhan, China itu membuat pemerintah melakukan berbagai cara agar kasus itu tidak terus melonjak. Bahkan, pemerintah berulang kali melakukan sosialisasi agar masyarakat menjaga protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Tidak hanya pemerintah saja yang harus berperan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, melainkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk kaum muda.

Menurut Tri Nugroho, peran seluruh anak muda khususnya Generasi Muda FKPPI saat ini sangat diperlukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang berdampak luas pada aspek kehidupan, mulai dari kesehatan, sosial hingga ekonomi.

“Di tengah suasana sulit yang menimpa bangsa kita saat ini akibat pandemi COVID-19, peran aktif Generasi Muda FKPPI dalam upaya memutus rantai penularan virus dan menanggulangi dampak pandemi yang multidimensi sangat diperlukan,” katanya.

Mari bersatu untuk terus berinovasi, bergerak dan bergotong royong dan berperan aktif dalam menekan penyebaran COVID-19 di Tanah Air, khususnya di Kota Jambi, tuturnya.

“Bantu pemerintah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana pencegahan COVID-19,” kata Letkol Tri.

“Ini akan sangat bermanfaat karena mungkin pandemi seperti ini yang belum pernah kita alami sebelumnya mungkin 100 tahun ke depan, belum tentu terjadi mungkin dan mudah-mudahan tidak terjadi. Ini adalah pengalaman langka adik-adik turun langsung,” kata Tri.

BACA JUGA:  Korem Gapu Bangun Panti Asuhan Bagi Anak Yatim Piatu

Letkol Tri juga mengharapkan Generasi Muda FKPPI Kota Jambi bisa memberikan solusi atau saran dalam mencegah dan menangani pandemi COVID-19.

“Dalam masa pandemi ini, semua komponen bangsa termasuk GM FKPPI Kota Jambi harus tetap ikut berpartisipasi mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan”, pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, para Pasi Kodim, Danramil jajaran Kodim 0415, Ketua GM FKPPI Kota Jambi Ibu Rini, Penasehat GM FKPPI Kota Jambi Sdr. Dedi Fitriadi beserta staf dan Calon anggota GM FKPPI Kota Jambi.(**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *