Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

TNI dan Satgas Covid-19 Tanjabbar Cek Penumpang Kapal dari Batam

2 min read

JAMBIDAILY TANJABBAR- Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjab Barat terus memantau Demi Mencegah Masuknya Virus Corona (Covid-19) di Wilayah Kuala Tungkal, (Tanjab Barat).

Pemantauan tersebut dilakukan terhadap penumpang Kapal KMP Satria Pratama tujuan Batam – Kuala Tungkal di pintu masuk Pos Pemantauan Covid – 19 di Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjab Barat, Selasa (3/11/2020). Dengan melibatkan anggota TNI – Polri, Dishub, KPLP, BNK, Bea Cukai, Kesehatan serta BPBD Tanjab Barat.

Tim melakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan bagi penumpang Kapal KMP Satria Pratama yang baru saja tiba dari Batam di Dermaga Pelabuhan Roro. Pemeriksaan secara masif yang di lakukan, atas instruksi Pemda Tanjab Barat terkait pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Tanjab Barat.

Komandan Kodim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P, melalui rilis tertulisnya menjelaskan, bahwa pemeriksaan yang dilakukan Satgas kepada penumpang beserta ABK Kapal Satria Pratama yang baru tiba untuk mengantisipasi masuknya covid 19 lewat orang yang memiliki riwayat perjalanan di daerah yang sudah terpapar covid 19.

“Tim medis satgas melakukan penyemprotan disinfektan serta mengukur suhu tubuh menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh bagi setiap penumpang yang baru tiba di dermaga, langkah ini diambil sebagai bentuk pencegahan penyebaran covid 19 di masyarakat Tanjab Barat,” ujarnya.

Erwan Susanto menjelaskan, kegiatan pemantauan dan pengecekan kesehatan bagi para penumpang serta ABK Satria Pratama dari hasil laporan Danramil Tungkal Ilir tidak ditemukan gelaja-gejala menunjukkan terjangkitnya covid-19. “Dari hasil pemantauan serta pengecekan tidak di temukan gejala gejala Covid-19 kepada para penumpang dan ABK,”ungkapnya.

Ia menegaskan, TNI dalam hal ini Kodim 0419/Tanjab akan selalu membantu Tim Satgas melakukan Kegiatan pemantauan dan pengecekan kesehatan, bagi masyarakat yang datang dari luar. “Kita pantau masyarakat dari luar yang akan masuk ke Tanjab Barat, baik melalui jalur Laut, dan darat, terus di lakukan hingga waktu yang tidak di tentukan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Panglima TNI Terima Kunjungan Ketua Umum KOBI

Terakhir, Dandim juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selalu memakai masker jika keluar rumah, tetap menjaga jarak aman, tidak berkerumun, dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga pola hidup bersih dan sehat.(*)

 

Editor : Hery Farmansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *