Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Walau ‘Perih’ PetroChina Tetap Berprestasi dan Memberi di Masa Covid-19

5 min read

PetroChina, Seusai menyalurkan Bantuan di Kabupaten Tanjungjabung Timur/Foto: Dok

JAMBIDAILY EKONOMI – Semua sektor terguncang, tidak ada kata lain kecuali mengencangkan ikat pinggang mengahadapi wabah Corona Virus Disease (Covid-19). Tapi dibalik itu walaupun perih SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd, tetap terus memberi kepada masyarakat bahkan mampu berprestasi.

Melalui akun media sosial Instagram, PetroChina menyatakan bangga mendapat penghargaan keselamatan kerja Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha I dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Selasa, 03/11/2020).

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh karyawan PetroChina yang didukung oleh SKK Migas dan mitra kerja lainnya,” Tulis Akun @petrochina_id

Dalam acara yang digelar secara virtual tersebut, PetroChina dan beberapa perusahaan lain menerima penghargaan untuk kategori perusahaan migas eksplorasi dan produksi. Sebagai operator Blok Jabung di Jambi, PetroChina telah membukukan lebih dari 60 juta jam kerja aman tanpa kecelakaan sejak 15 Desember 2011 hingga 30 April 2020.

“Kami mengucapkan selamat kepada Seluruh KKKS yang telah mendapatkan penghargaan ini, khususnya kepada KKKS yang berada di lingkungan Sumatera Bagian Selatan, dalam hal ini PetroChina beroperasi di Provinsi Jambi, senantiasa didasari dengan mengikuti dengan standard operating procedure (SOP) yang ketat oleh organisasi dengan personel yang kompeten, yang juga selalu bekerja keras untuk menekan potensi risiko bagi keamanan dan kesinambungan hayati terutama masyarakat di sekitarnya dalam memenuhi target produksi yang ditetapkan oleh pemerintah melalui SKK Migas. Serta senantiasa berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di daerah sehingga kegiatan operasinya berjalan dengan baik,” Ungkap Kepala Bagian Humas SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan, Andi Arie Pangeran (Selasa, 03/11/2020).

Di masa pandemi tantangan PetroChina berhadapan langsung dengan wabah, resiko terpapar begitu besar. Meskipun telah melakukan penerapan SOP super ketat, faktanya covid-19 terdeteksi menembus. Sehingga menyebabkan beberapa karyawan PetroChina dan subkontraktor PT Ceria Utama Abadi, terkonfirmasi positif covid-19 pada bulan Juli 2020 yang lalu.

BACA JUGA:  Hari Ke-14, KKP Salurkan 70 Bungkus Nasi Ikan di Kawasan Selincah Kota Jambi

Di tengah berjibaku memulihkan kondisi karyawan yang terpapar dan membentengi karyawan lainnya agar tak semakin membesar, PetroChina juga terus memberikan perhatian berupa sumbangsih bagi masyarakat, bagi mitra terdampak Covid-19 lewat donasi serta edukasi dengan cara menggelar workshop virtual.

Buktinya bantuan baik berupa masker untuk masyarakat umum, sarana cuci tangan, disinfeksi wilayah, paket sembako dan lainnya. Untuk rumah sakit dan tenaga kesehatan seperti Masker medis serta Alat Pelindung Diri (APD.

Bantuan tidak hanya di wilayah operasional, kabupaten Tanjungjabung Barat dan Timur namun sekaligus kepada pemerintah provinsi Jambi melalui satuan tugas percepatan penanganan covid-19.

(Tangkapan Layar/Instagram.com @ptrochina_id)

Bupati Tanjungjabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial melalui Firdaus, Kabag Humas dan Protokoler Setda Tanjab Barat (Selasa, 03/11/2020) menyampaikan apresiasi atas bantuan serta kepedulian PetroChina.

“Kami pemerintah kabupaten Tanjab Barat, bantuan PetroChina memberikan pengaruh positif dan membantu ringankan beban masyarakat ditengah covid-19. Tanggap darurat dibuktikannya walaupun PetroChina juga merasakan bagaimana efek covid-19 mengganggu operasional karena adanya keterbatasan menyesuaikan protokol kesehatan. Saya sampaikan apresiasi mewakili pemkab kepada seluruh jajaran PetroChina,” Ungkapnya.

Di tempat terpisah, Johansyah, juru bicara satuan tugas percepatan penanganan covid-19 provinsi Jambi menuturkan 1000 paket sembako sangat berarti bagi masyarakat. “Ada 1000 paket sembako sumbagsih PetroChina, dan distribusinya sudah kita salurkan pada masyarakat sesuai usulan masyarakat ke gugus tugas. Apresiasi kita haturkan atas kepedulian tersebut di masa pandemi covid-19,” Ujar Johansyah, kepada jambidaily.com.

KKKS PetroChina International Jabung Ltd, merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan operator Blok Jabung di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dalam mengelola Blok Jabung, PetroChina bermitra dengan Pertamina dan Petronas Carigali. Selain menjadi operator Blok Jabung, PetroChina juga sebagai operator Blok Bangko di Jambi.

BACA JUGA:  Minggu Ketiga, BPK akan Serahkan LHP Semester II Tahun 2020

 

Sinergi SKK Migas-PetroChina dan Insan Pers

Selain itu, SKK Migas-PetroChina tak mengesampingkan mitra contohnya insan pers. Sebagai industri yang sangat dekat dengan insan media, SKK Migas dan KKKS PetroChina memiliki kepedulian yang tentunya selama ini telah aktif melakukan liputan dan memuat informasi komprehensif dan berimbang terkait kegiatan SKK Migas dan KKKS PetroChina.

(PetroChina International Jabung Ltd, Geragai/Foto: Dok)

Bantuan pertama pada ramadhan bulan Mei 2020 Paket bahan pokok ini diberikan kepada 500 anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi, Forum Jurnalis Migas (FJM) Jambi, Ikatan Wartawan Online (Iwako) TJT, dan Aliansi Jurnalis Televisi (AJT) TJT

Pada kesempatan itu, Government and Relations Superintendent PetroChina Saipul menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Ketua PWI Jambi H.R. Ridwan Agus Depati dan General Manager Tribun Jambi Arfiansyah pada hari Rabu, 13 Mei 2020, di Kota Jambi.

“Kami menggunakan momen bulan Ramadan untuk berbagi dengan rekan-rekan jurnalis yang selama ini telah mendukung kegiatan usaha hulu migas PetroChina,” ujar Saipul.

Menurut VP Human Resources and Relations PetroChina Dencio Renato Boele, jurnalis merupakan bagian penting dari penyebaran informasi yang akurat dan terpercaya, terutama saat pandemi Covid-19.

“Di tengah informasi yang simpang siur, kerja-kerja jurnalisme yang obyektif dan terpercaya adalah bekal penting bagi kita semua. Bantuan kecil ini merupakan apresiasi kami bagi para insan media,” kata Dencio.

Lalu terbaru 10 Oktober 2020, bantuan kedua kalinya diberikan selama covid-19 mewabah melalui Forum Jurnalis Migas (FJM) Jambi. “Ini wujud sinergi nyata antara SKK-PetroChina dan FJM membantu wartawan di tengah pandemi,” ujar Mursyid Sonsang, ketua FJM Sabtu (10/10/2020) sore.

Mengenai perhatian kepada insan pers tersebut, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo Kepala Bagian Humas SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan, Andi Arie Pangeran (Selasa, 03/11/2020). Hal ini merupakan komitmen bagi SKK Migas beserta seluruh KKKS termasuk Petrochina, untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengantisipasi dan menangani dampak wabah covid 19.

BACA JUGA:  Sekda: Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Harus Terpadu

“Sesuai dengan kemampuannya, termasuk salah satunya dengan insan media sebagai salah satu mitra, yang menjadi perhatian kami sehingga Kami sangat paham bahwa sinergi antara KKKS, mitra kerja kami dengan media harus selalu dipupuk demi kebaikan dan manfaat kedua belah pihak hingga rasanya kegiatan semacam ini merupakan kegiatan yang sangat tepat dilaksanakan untuk mewujudkan hal tersebut,” Terangnya, menjawab pertanyaan jambidaily.com.

Kontribusi media sangat penting menurutnya karena dalam mendukung berbagai macam kegiatan di Hulu Migas. Sebanyak apapun hal yang SKK Migas lakukan tentu tidak akan ada apa-apanya tanpa bantuan dan sinergi dari media.

“Kami, SKK Migas-KKKS mengharapkan dukungan kawan-kawan insan pers sekalian dalam kelancaran kegiatan operasional hulu migas di Sumatera Selatan, demi mendukung perwujudan iklim investasi yang kondusif untuk menuju peningkatan produksi nasional, yang akhirnya diharapkan juga dapat memberikan efek berganda di daerah operasi hulu migas,” tutupnya.

(Ketua FJM Ketika Menyalurkan bantuan SKK Migas-PetroChina kepada Insan Pers/Foto: Dok FJM)

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) adalah institusi yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.

SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

 

(Hendry Noesae)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *