03/08/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Di Tempat Wisata, Masih Banyak Masyarakat Lalai Protokol Kesehatan

1 min read

JAMBIDAILY KESEHATAN – Menjadi perhatian khusus terkait kerentanan penyebaran covid-19 saat liburan akhir Oktober yang lalu terutama masih saja terlihat kurangnya kesadaran menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak aman dan Mencuci tangan dengan air mengalir.

Hal itu diungkapkan melalui talkshow (Rabu, 04/11/2020) bertajuk “Covid-19 Dalam Angka: Protokol Kesehatan di Tempat Wisata” dari Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pukul 13.00 WIB sebagaimana disaksikan jambidaily.com melalui webinar.

Dr. Dewi Nur Aisyah, Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 menerangkan bahwa dari bukti-bukti foto yang dikirimkan relawan diberbagai tempat wisata, banyak sekali lalai memakai masker.

“Dari foto yang dikirimkan dari berbagai tempat wisata saat liburan baru-baru ini, pengunjung banyak yang lalai memakai masker, padahal itu sangat rentan tertular. Kita lihat petugas atau pemandunya tertib memakai masker,” Terang Dr. Dewi Nur Aisyah.

Pada pengalaman libur panjang Agustus lalu, terbukti berdampak pada penambahan kasus positif di tingkat nasional.

Hal ini dipicu terjadinya kerumunan di berbagai lokasi wisata yang dikunjungi masyarakat selama masa liburan dan ketidakpatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan “Jadi kita membuka masker misalkan saat di tempat makan, seharusnya ketika sedang makan dan minum saja. Namun setelah itu kita pakai kembali serta tetap mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak” Tambahnya.

“Mungkin jika di rumah kita sulit menjaga jarak, tetapi saat berjumpa orang lain di luar sana, kita jangan lalai terhadap 3M,” Tandasnya, kepada dr. Lula Kamal, M.Sc selaku pemandu talkshow.

 

(Hendry Noesae)

BACA JUGA:  Wali Kota Jambi, Perpanjang Penerapan PPKM di Kota Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *