Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kodim 0415/Batanghari Gelar Komunikasi Sosial dan Pembinaan Keluarga Besar TNI

3 min read

Jambi (JAMBIDAILY) – Kodim 0415/Batanghari Gelar Komunikasi Sosial dan Pembinaan Keluarga Besar TNI di Aula Rangkayo Hitam Makodim 0415/Batanghari, Kota Jambi, Kamis (5/11/2020).

Acara dibuka oleh Kasdim 0415/Batanghari, Letkol Inf Tri Nugroho mewakili Komandan Kodim 0415/Batanghari, Kolonel Inf J. Hadiyanto, S.I.P., M.I.P. dan dihadiri oleh para Perwira Staf serta Danramil jajaran Kodim 0415/Batanghari dan diikuti oleh 75 orang peserta dari FKPPI, GM FKPPI, HIPAKAD Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Dandim 0415/Batanghari, Kolonel Inf J. Hadiyanto yang dibacakan oleh Kasdim mengatakan bahwa Keluarga besar TNI (KBT) merupakan salah satu komponen terpenting yang dinilai mampu mendukung segala tugas pokok TNI di masyarakat sehingga komunikasi untuk memelihara kedekatan antara TNI dan KBT pun terus dilakukan guna menjaga keharmonisan hubungan yang terjalin selama ini.

Forum seperti ini sangat tepat untuk dilaksanakan dalam rangka membangun sinergitas dan memperkokoh hubungan emosional antara Kodim 0415/Batanghari dengan Keluarga Besar TNI demi terciptanya pemahaman KBT tentang tugas dan peran TNI AD sekaligus pokok-pokok kebijakan TNI AD di bidang Teritorial.

Kasdim juga menjelaskan bahwa Di Era kekinian penanaman karakter bela negara menjadi penting diharapkan kita mampu menghasilkan generasi muda masa depan yang unggul berkualitas dan produktif terutama dalam menghadapi tantangan global untuk Indonesia yang lebih maju dan kompetitif.

Pertemuan seperti ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan, guna membangun komunikasi dialogis, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjalin.

Selain itu pertemuan ini bertujuan sebagai forum silaturahmi, sehingga bisa memperkuat hubungan emosional antara TNI dan seluruh elemen bangsa, salah satunya dengan keluarga besar TNI, ujar Kasdim.

BACA JUGA:  Peringati Hari Buku Nasional, Yonif 411 Kostrad Bagikan Buku Bacaan di Perbatasan RI-PNG

Salah satu tugas pokok TNI sesuai dengan Undang-undang RI No. 34 tahun 2004 tentang TNI adalah pemberdayaan wilayah pertahanan yang dijabarkan melalui kegiatan Binter, guna mewujudkan geografi, demografi dan kondisi sosial menjadi ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

Dalam penyelenggaraan pembinaan teritorial dilaksanakan dengan menggunakan tiga metoda Binter salah satu diantaranya adalah metoda komunikasi sosial.

Pembinaan KB TNI yang merupakan bagian dari komunikasi sosial, juga merupakan program dari Komando Atas dengan tujuan untuk menjalin sinergitas dan rasa kebersamaan dengan KBT yang ada di wilayah, mari kita bersama-sama berupaya dan bekerja nyata untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, ini sesuai dengan tema Aksi Nyata Bela Negara Keluarga Besar TNI (KBT) di Era Kekinian, ucapnya.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, Kodim 0415/Batanghari dan Koramil jajaran Kodim 0415/Batanghari punya andil dan peranan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sesuai kemampuan dibidang masing-masing, diharapkan para KBT pun demikian pula, agar wabah ini cepat berlalu dan berakhir.

“Aksi nyata bela negara di era kekinian dapat kita laksanakan dengan cara menjaga kesehatan diri dan membantu masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19”, tambahnya.

Saya berharap sinergitas yang sudah terjalin selama ini akan semakin erat dan solid. Dengan adanya kegiatan ini kita harus mempunyai semangat yang sama dalam menjaga generasi muda yang merupakan aset masa depan bangsa, jauhkan generasi muda dari pengaruh negatif narkoba, penyalahgunaan medsos dan hoaxs serta hal-hal negatif lainnya, semoga Keluarga Besar TNI di wilayah Kodim 0415/Batanghari dapat semakin solid, pungkasnya.

Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan pemberian materi tentang Pokok-pokok Kebijakan Pimpinan TNI AD oleh Pasiterdim 0415/Bth, Peran serta organisasi KBT dalam mitigasi bencana alam oleh Danramil 415-07 serta Materi Bela Negara oleh Kaur Komsos Terdim 0415/Bth.

BACA JUGA:  Bangkitkan Minat Pemuda Berolahraga, Satgas TMMD Bangun Lapangan Voli

Akhir kegiatan dilanjutkan Outbond yang dipimpin oleh Pasiterdim 0415/Bth, yang bertujuan sebagai terapi bagi peserta yang tidak punya kemampuan banyak bicara, minder, dan kurang percaya diri. Selama kegiatan berlangsung dilaksanakan selalu dengan mematuhi protokol kesehatan dan social distancing. (**/).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *