Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Hari Pahlawan di Tengah Pandemi, Korem 042/Gapu Gelar Anjangsana Dengan Pengurus LVRI

2 min read

JAMBIDAILY  – Perayaan Hari Pahlawan dan HUT Korem 042/Gapu ke-61
tahun ini pasti akan ada yang berbeda dibanding dengan tahun lalu. Sebab, perayaan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November ini berada di tengah pandemi Covid-19.

Meski di tengah pandemi, Korem 042/Gapu terus berupaya untuk menanamkan dan menumbuhkan semangat kepahlawanan kepada masyarakat. Karena, Hari Pahlawan memiliki makna heroik bagi bangsa Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh Danrem 042/Gapu dalam hal ini diwakili oleh Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl beserta rombongan, Senin (09/11/2020) melaksanakan anjangsana di kediaman salah satu pengurus LVRI Jambi, Mayor (purn) Suratman di Rt.19 No. 4F kelurahan Selamat Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi.

Rombongan disambut oleh tuan rumah dengan beragam ucapan terima kasih dan apresiasi yang tidak mampu digambarkan atas perhatian pejabat Militer, khususnya Korem 042/Gapu terhadap pengurus dan anggota veteran maupun pensiunan.

Kendati sambutan yang terkesan sangat sederhana, namun tidak mengurangi sedikitpun makna peringatan hari Pahlawan.

Peringatan hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera.

Danramil 09/Telanaipura, Kodim 0415/Batanghari, Mayor Inf Widi Purwoko, SE saat mengikuti rombongan, menegaskan bahwa kegiatan anjangsana selain untuk menjalin tali silaturahmi, juga dapat menumbuhkan rasa welas asih antara pejabat yang masih aktif (dinas) dengan mereka yang sudah purna.

Welas asih merupakan sebuah rasa kasih sayang yang menggabungkan empati dan simpati. Semua orang jelas memiliki welas asih dalam dirinya, hanya saja setiap orang punya kadar tersendiri.

Menurut Danramil seyogyanya sebagai generasi penerus, dalam memperingati hari Pahlawan ini, harus mampu meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik. Korem 042/Gapu telah menunjukan dedikasinya kepada Nusa dan Bangsa dalam kerangka NKRI.

BACA JUGA:  Kodim Tanjab Terima Tim Penilai Lomba Binter Korem 042/Gapu

“Perhatian terutama kepada sesepuh yang sudah purna, veteran dan mereka-mereka yang berjasa bagi negara, hendaknya tidak hanya dilakukan saat peringatan hari Pahlawan saja, namun hari-hari biasa juga sangat perlu, karena dengan kepedulian seperti itu akan dapat menjunjung persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa ditengah pandemi.” jelas Danramil.

Lebih lanjut, Mayor Inf Widi mengatakan bahwa Perayaan hari bersejarah itu memang berbeda dengan perayaan tahun – tahun sebelumnya karena saat ini Hari Pahlawan diperingati dalam situasi pandemi COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi terkait COVID-19 agar masyarakat betul – betul memahami bagaimana caranya penularan infeksi yang menyebar sangat cepat dan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan.

Edukasi protokol kesehatan 3M yakni, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (physical distancing) dapat secara efektif membantu masyarakat terhindar dari ancaman penyebaran virus COVID-19, karena dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang infeksi COVID-19 melalui pendekatan persuasif yang akan berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat, tegasnya. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *