Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Ketersediaan Pangan Menjadi Penting Untuk Tetap Selalu Ada di Tengah Mewabahnya Covid-19

2 min read

JAMBIDAILY – Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P. mengatakan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, para petani harus bekerja sesuai protokol pencegahan Covid-19. Kemudian, menjaga jarak satu sama lainnya, mengurangi kerumunan orang, serta berjemur pagi hari sambil bekerja di lahan pertanian.

Hal tersebut disampaikan Dandim Letkol Inf Erwan Susanto usai menghadiri Peresmian Lahan Cipta Tanaman Padi Kabupaten Tanjung Jabung Barat, di Lahan pertanian Muntialo, Senin (9/11/2020).

Dikatakan, masyarakat semua butuh pangan. Dari pangan yang sehat dan bergizi, maka akan membuat imunitas tubuh yang kuat, otomatis membuat bangsa Indonesia sehat.

“Ketersediaan pangan dan olahan yang sehat itu, semua berkat petani sebagai pahlawan pertanian, sebagai pejuang dalam melawan Covid-19 ini, dan ingat dengan tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19, jaga jarak aman, pakai masker, dan selalu menjaga kebersihan tangan serta kesehatan,“ tegas Erwan.

Ketersediaan pangan, khususnya beras yang merupakan makanan pokok masyarakat, menjadi penting untuk tetap selalu ada di tengah mewabahnya Covid-19.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Zainudin menyebutkan bahwa penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat diminta untuk memberikan penyuluhan kepada petani untuk segera menanam. Ini disampaikan karena kondisi saat ini sangat cocok untuk petani menanam. Kondisi La Nina saat ini sangat baik untuk petani menanam.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa kondisi La Nina dengan aktifitas curah hujan yang cukup tinggi dapat mengurangi kadar air asin dalam tanah. Hal lain disebutkan karena saat ini, November sudah masuk musim tanam untuk petani di Kabupaten Tanjabbar.

“Saat ini sedang masuk musim tanam, kita pun berharap dengan intensitas hujan yang terus ini, bisa membuat air asin berkurang dan Ini membawa dampak positif bagi petani,”tambahnya

BACA JUGA:  Korem 042/Gapu Kirimkan Ribuan Botol Madu untuk Secapa AD

Sementara itu, kembali disampaikan oleh Zainudin kepada petani yang ada di Tanjabbar untuk segera melakukan proses tanam. Hal ini juga berdampak dengan nantinya hasil tani dari masyarakat, karena memang kondisi ini baik untuk petani.

“Kita himbau, segera tanam. Karena curah hujan sudah cukup, dan kondisi ini saat kita juga sudah masuk musim tanam. Oktober dan Maret, jadi ke petani segera tanam,”pungkasnya. (**/fds).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *