Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

HUT Kosgoro 1957 ke 63 Jambi Momentum “Patuhi Prokes dan Semangat Hari Pahlawan”

2 min read

JAMBIDAILY POLITIK-Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2020, Kosgoro 1957 PDK Provinsi Jambi menggelar Rapat Pleno Diperluas dan Peringatan HUT Kosgoro 1957 ke-63.

“Karena kegiatannya ditengah pandemi dan momentum hari pahlawan maka kegiatan kita menjadi semangat bersama untuk mematuhi prtokol kesehatan dan menjemput semangat hari pahlawan,”papar Sekretaris PDK Kosgoro Provinsi Jambi, (Candidat) Doktor Nyimas Enny FW SH MH, kepada jambidaily.com, Selasa (10/11/2020).

Salah satu rangkaian HUT yang dilaksanakan di Kantor DPD Golkar Provinsi Jambi di Kawasan Jambi Timur Kota Jambi, pihaknya menggelar Pleno diperluas dengan agenda penguatan organisasi melalui revitalisasi lembaga dan gerakan BMK, Hima dan HPK Kosgoro 1957.

“Kita berharap para undangan dan kader selalu mengikuti prokes Covid-19 sebagai upaya memutus mata rantai pandemi selalu Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.”

Semangat Hari pahlawan ini menjadi spirit bersama penguatan organisasi untuk mendukung pembangunan Provinsi Jambi khususnya dan nasional ditengah ujian pandemi saat ini.

“Sebagai kader Kosgoro 1957, HUT Kosgoro bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum penting untuk melaksanakan Tridharma Organisasi; Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas seiring perjalanan bangsa,”jelas wanita yang aktif sebagai dosen di Unbari ini.

Sebagai informasi, sebagaiamana dikutip dari laman id.wikipedia.org, KOSGORO adalah singkatan Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong yang berdiri pada tanggal 10 November 1957.

Kosgoro merupakan salah satu KINO (Kelompok Induk Organisasi), disamping SOKSI dan MKGR, yang melahirkan Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar) pada 20 Oktober 1964.

Kino-kino tersebut pada tahun 1970 mengeluarkan keputusan bersama untuk ikut menjadi peserta pemilihan umum melalui satu nama dan tanda gambar yaitu Golongan Karya (GOLKAR). Logo yang menjadi tanda gambar GOLKAR sejak Pemilu tersebut tetap dipertahankan hingga sekarang.

BACA JUGA:  Gelar Musda, Ketua DPP PAN Tunjuk Masnah Busro sebagai Ketua DPD PAN Muaro Jambi

KOSGORO didirikan oleh Mas Isman (Ayah dari Hayono Isman/ Ex Menpora RI), Mas Isman adalah Ex Komandan pejuang Tentara Pelajar Jawa Timur/ TRIP, KOSGORO memiliki semboyan Tri Dharma yaitu: Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas.

KOSGORO sebagai Induk Organisasi memiliki gerakan, badan, dan lembaga yang merupakan alat kelengkapan organisasi, yang terdiri dari: Gerakan Mahasiswa Kosgoro (Gema Kosgoro), Generasi Muda Kosgoro (GM Kosgoro), Badan Musyawarah Pengusaha Swasta (Bamuhas), Wanita Kosgoro, dan Lembaga Bantuan Penyuluhan Hukum Kosgoro (LBPH Kosgoro).(*)

 

Editor : Hery FR

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *