Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peringati Hari Pahlawan, Danramil Nipah Panjang Serahkan Kunci Rumah Suratman

2 min read

JAMBIDAILY – Wajah sumringah tampak dari Suratman (62), warga Desa Sungai Jeruk, Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjab Timur, ketika menerima penyerahan kunci dari Danramil 04/Nipah Panjang, Kodim 0419/Tanjab.

Suratman mengatakan, sangat haru dan senang sekali menerima kunci rumah barunya setelah diserahkan oleh Danramil.

“Suatu kebahagiaan tersendiri karena mendapatkan bantuan rehab rumah di momen hari Pahlawan ini,” ucap dia, Selasa (10/11/2020).

Sementara itu, Danramil Nipah Panjang, Kapten Inf Adil Tarigan menuturkan, program bedah rumah ini sesuai petunjuk dari Komandan Kodim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, dalam rangka hari Pahlawan agar melaksanakan bedah rumah kepada warga miskin terdampak pandemi, sedangkan pengerjaannya bekerja sama dengan aparat desa dan warga.

Dalam rangka menyambut Perayaan Nasional Hari Pahlawan tahun 2020 kali ini mengusung tema, “Pahlawan Sepanjang Masa, dengan maksud mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Tema ini memiliki makna filosofis, yakni sebuah upaya yang bisa kita lakukan untuk terus mengenang sepanjang masa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Jika perjuangan pahlawan terdahulu adalah mengangkat senjata, kini kita sebagai penerus bangsa mengilhami para pahlawan sebagai inspirasi untuk kembali meneruskan perjuangan, menumpas permasalahan bangsa: kemiskinan, paham-paham radikal, narkoba, dan termasuk berjuang melawan Pandemi Covid-19.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2020 kali ini juga menyalurkan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Sehingga kami merasa memiliki tanggung jawab untuk membantu warga yang mengalami kesulitan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya seperti ini yang dapat kami lakukan, membedah rumah milik Suratman dan juga memberikan sembako. Tahap pengerjaanya dilaksanakan selama satu minggu secara bergotong royong, katanya.

BACA JUGA:  "Darahku Mengalir Untuk Negeri" Korem Gapu Gelar Aksi Sosial Donor Darah

“Mudah-mudahan dapat meringankan beban mereka dan rumah yang mereka miliki layak dihuni”Imbuh Tarigan.

Ia juga mengimbau kepada warga agar selalu memperhatikan anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan covid-19.

“Jangan lupa pakai masker, jaga kebersihan cuci tangan dan jaga jarak,” pesan dia.

Di kesempatan tersebut, Kades Sungai Jeruk, Syamsu Alam menyampaikan, pengerjaan rumah berlangsung kurang lebih satu hari melibatkan warga, anggota Koramil juga kepala desa dan RT.

“Kami mengapresiasi dan ucapkan terima kasih kepada TNI yang turun langsung membantu masyarakat disaat pandemi covid -19,” tutur dia. (**/fds).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *