Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Rawat Kebhinekaan, Kodim 0415/Batanghari Gelar Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme

2 min read

JAMBIDAILY – Kasdim 0415/Batanghari, Letkol Inf Tri Nugroho, S,Pd mengatakan bahwa terbentuknya komponen bangsa yang memiliki kepribadian dan jiwa kebhinekaan guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI dan terwujudnya kerjasama antara TNI AD dengan segenap bangsa dalam rangka mempertahankan idiologi Pancasila melalui peningkatan pemahaman wawasan kebangsaan dan keagamaan serta kewirausahaan.

Hal tersebut dikatakannya saat membacakan sambutan Dandim 0415/Batanghari, Kolonel Inf J. Hadiyanto, S.I.P., M.I.P., pada acara pembukaan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme Kodim 0415/Banghari, TW IV TA. 2020, Rabu (11/11/2020).

Komunikasi Sosial yang kita laksanakan ini, kata Kasdim adalah untuk menjalin hubungan harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka saling terwujudnya  pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas  masing-masing, bahkan diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam ikut mengantisipasi dan mencegah terhadap munculnya paham Radikalisme/Separatisme dalam perkembangan sosial yang pesat, sehingga sedini mungkin dapat menghindari munculnya berbagai permasalahan yang akan terjadi dilapangan.

Melalui tema Merawat Kebhinekaan untuk tangkal Radikalisme/Separatisme dalam bingkai NKRI”. memiliki tujuan yaitu mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan   UUD  1945, ujarnya.

Lebih lanjut, Kasdim menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan terwujudnya kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya Radikalisme/Separatisme bagi segenap komponen bangsa yang berada di wilayah jajaran Kodim 0415/Batanghari.

Kegiatan Komsos ini juga untuk meningkatkan pengawasan dan cegah dini masyarakat terhadap kelompok Radikalisme/Separatisme terutama yang sudah dilarang, kepada anak muda saya harap jangan mudah terpengaruh terhadap isu-isu yang tidak benar saya harap kalian bisa  membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju, aman dan sejahtera.

BACA JUGA:  Tinjau Lokasi TMMD, Dandim Tanjab Harapkan Bedah Rumah Bermanfaat

Kepada masyarakat agar tidak terpengaruh terhadap kelompok maupun gerakan yang dapat merusak Ideologi Pancasila dan berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui akan adanya gerakan/kelompok tersebut, katanya.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, Saya menekankan kepada kita semua untuk tetap mentaati protokol Covid-19 ini, bisa kita lihat bahwa Pandemi Covid-19 sampai detik ini masih belum lenyap, kami, TNI, Polri dan Tenaga Medis serta Instansi terkait lainnya di wilayah Kota Jambi khususnya dan Indonesia pada umumnya terus bertugas, bekerja dan berusaha maksimal menjalankan perintah terkait pencegahan Covid-19, semoga kita semua terhindar dari wabah Covid-19 ini, pungkasnya.

Terpisah, Pasiter Kodim 0415/Batanghari, Mayor Inf Beni mengatakan bahwa Kegiatan komsos ini menggunakan metode diskusi, artinya setelah dilaksanakan pemberian materi oleh narasumber, akan dilanjutkan dengan diskusi panel, untuk itu Kami harapkan peserta kegiatan lebih interaktif agar tercipta komunikasi yang baik antara Narasumber dengan peserta kegiatan.

Adapun materi pembahasan diantaranya,Pentingnya wawasan kebangsaan, Pentingnya wawasan keagamaan dan dilanjutkan diskusi dibidang kewirausahaan yang dapat memberikan nilai manfaat dalam upaya mencegah masuknya paham radikalisme/separatisme, tambahnya.

Kegiatan Komsos cegah tangkal Radikalisme/Separatisme Kodim 0415/Bth dihadiri juga oleh Pasiterdim 0415/Batanghari Mayor Inf Beni, Danramil wilayah Kota Jambi dan Perwira Staf Kodim 0415/Batanghari, serta diikuti oleh lebih kurang 60 peserta yang terdiri dari elemen TNI, Polri, ASN, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda wilayah jajaran Kodim 0415/Batanghari. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *