Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk di Masa Pandemi, Babinsa Terus Dampingi Pelayanan KB

2 min read

JAMBIDAILY – Laju pertumbuhan penduduk Indonesia yang cenderung meningkat setiap Tahunnya yang disebabkan oleh tingkat kelahiran pada ibu hamil dimana hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman akan program KB pada masyarakat baik jika ditinjau dari segi keuntungan dan manfaatnya.

Demikian disampaikan Babinsa Koramil 04/Nipahpanjang, Kodim 0419/Tanjab, Sertu Ismed Siagian usai melakukan pendampingan Pelayanan KB di Desa Rantau Rasau Desa, Kec. Berbak Kab.Tanjab Timur, Rabu (11/11/2020).

Sebagimana kita ketahui bahwa keluarga berencana adalah merupakan sebuah upaya untuk mengatur jumlah anak dalam sebuah rumah tangga sesuai dengan kehendak dan menentukan sendiri kapan seorang ibu mengandung, sebab layanan program KB khususnya di Indonesia saat ini cukup mudah didapatkan karena pemerintah terus menekan laju pertumbuhan penduduk melalui program Keluarga Berencana, ujar Sertu Ismed.

Program ini merupakan perwujudan dan kepedulian TNI dalam hal ini Babinsa kepada masyarakat di bidang KB dan Kesehatan agar tercipta masyarakat yang sehat, sejahtera dan damai.

Terlihat dari amatan awak media, Babinsa Sertu Ismed Siagian sedang melaksanakan pendampingan kegiatan pelayanan KB pemasangan alat kontrasepsi bagi warga diseputaran Kecamatan Berbak, yang diperkirakan diikuti 15 orang dengan melaksanakan pemasangan KB Implan.

Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P saat dikonfirmasi jambidaily.com melalui whatsapp mengatakan, “selain pendampingan Babinsa juga harus bisa memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya ber-KB, salah satunya mengurangi angka kelahiran untuk menaikkan taraf hidup serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu maupun anak kedepannya,” ujarnya.

“Sebagai Dandim, saya mengapresiasi Dinas PPKB Kabupaten Tanjab Timur yang sudah melibatkan personil kita, untuk itu kita sudah perintahkan para Danramil selain pendampingan para Babinsa kita dilapangan turut membantu meyakinkan masyarakat tentang pentingnya ber-KB dan terus beri penjelasan tentang protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengikuti anjuran dari pemerintah,” tambahnya.

BACA JUGA:  Melalui Vicon, Danrem 042/Gapu ikuti Rapurna TMMD ke-41 Tahun 2020

“Babinsa kita juga harus bisa beri pemahaman kepada masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Normal Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk,” tutup Dandim. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *