Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kodim 0415/Batanghari Gelar Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial

2 min read

JAMBIDAILY – Kodim 0415/Batanghari menggelar Kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial yang bertempat di Aula Makodim 0415/Batanghari, Jl. Untung Suropati, Jelutung, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi, Kamis (12/11/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan ini mengambil Tema Melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Kodim 0507/Bekasi “Mengoptimalkan Deteksi Dini, Cegah Dini, Temu Cepat dan Lapor Cepat Bagi Apkowil Melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial”

Pada Kesempatan tersebut Dandim 0415/Batanghari Kolonel Inf J. Hadiyanto S.I.P., M.I.P., yang diwakili Pasiter Mayor Inf Beni dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menegaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial sebagai wujud pembinaan mitra karib dalam rangka pencapaian keberhasilan tugas pokok TNI salah satunya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.  Untuk TNI AD, pemberdayaan wilayah pertahanan darat dilakukan melalui pembinaan teritorial.

Pembinaan teritorial ini dalam penerapannya dilaksanakan dalam bentuk pembinaan mitra karib terpilih atau yang dikenal dengan jaring teritorial sebagai kepanjangan tangan aparat Komando Kewilayahan dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya.

Ini semua dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram dan dinamis serta terpeliharanya kondusifitas wilayah sehingga keberlangsungan pembangunan di daerah.

Kegiatan pembinaan mitra karib ini sebagai upaya untuk mewujudkan dan memperkokoh Kemanunggalan TNI – Rakyat.  Apabila masih ada pihak-pihak yang menginginkan TNI lepas dan terpisah dari Rakyat, berarti tidak memahami sejarah, tegas Dandim yang disampaikan .

TNI tidak bisa disamakan dengan Tentara di negara lain, sampai kapanpun TNI dan Rakyat tidak bisa dipisahkan.  “Sejarah mencatat, Tentara (Laskar/Pejuang) dan Rakyat bahu membahu berjuang untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekan Indonesia”, tandasnya.

BACA JUGA:  Cegah Virus Corona, Babinsa Minta Masyarakat Kuala Jambi Pakai Masker dengan Benar

“Kami Berharap dengan adanya kegiatan ini para Babinsa bisa menguasai wilayah secara menyeluruh, dan untuk para jaring-jaring masyarakat bisa membantu para Babinsanya agar setiap ada permasalahan yang ada di Kelurahan atau Desa bisa di selesaikan dan Terkoordinasi dengan baik,” ucapnya.

Ketua Tim Wasdal Sterdam II/Swj, Mayor Inf Ahmad Zakky saat membacakan sambutan dari Aster Kasdam II/Swj, memberikan penekanan kepada peserta kegiatan termasuk jaring teritorial untuk tetap bersinergi dalam melaksanakan tugas dilapangan dan mengucapkan terima kasih kepada jaring teritorial yang telah meluangkan waktu mengikuti kegiatan Pembinaan Peta Jarak dan Jaring Teritorial.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni, para Danramil, Perwakilan Babinsa serta 20 orang jaring teritorial binaan Babinsa jajaran Kodim 0415/Batanghari yang terdiri tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tukang ojek, pedagang dan lain-lain sebagainya. Kegiata dilakukan dengan metode sosialisasi, wawancara serta tanya jawab antara peserta dan Tim Wasdal dengan tetap mempedomani protokol kesehatan. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *