Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kodim 0419/Tanjab Bentuk Generasi Muda Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Melalui Pembinaan Pramuka

2 min read

JAMBIDAILY – Pembinaan terhadap generasi muda yang memiliki sikap dan karakter kuat serta jati diri yang baik harus terus menerus dilakukan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kodim 0419/Tanjab dengan menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Semester II Tahun Anggaran 2020, bertempat di Aula dan Lapangan Makodim 0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kelurahan Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat.

Tema dari kegiatan tersebut yaitu “Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan” bertujuan mengajak Generasi Muda untuk terus berkreasi, dan diharapkan kegiatan seperti ini akan mampu membentuk generasi muda bangsa yang semakin berkualitas yang memiliki kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia, kata Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P., melalui rilis tertulisnya di Kuala Tungkal, Jum’at (13/11/2020).

Dikatakannya, kegiatan Pembinaan Saka Wira Kartika ini diikuti oleh 25 peserta binaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0419/Tanjab, dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik serta sebagai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa yang akan datang.

Dikatakan Erwan, undang-undang gerakan Pramuka pasal 11 menyebutkan bahwa pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan non formal.

Sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai gerakan pramuka, kata Erwan, dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin.

Serta Lanjut Erwan, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan khusus. Untuk itu pentingnya pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka bagi segenap anggota Pramuka.

Pasiterdim 0419/Tanjab Kapten Inf Safri Napitupulu saat dikonfimasi jambidaily.com melalui pesan watshap menyampaikan bahwa kegiatan Pembinaan Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 0419/Tanjab tersebut melibatkan anggota Pramuka SWK binaan Kodim 0419/Tanjab.

BACA JUGA:  Pangkoarmada II Pimpin Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera 2021

Dirinya juga menyebutkan mekanisme kegiatan tersebut tetap mempedomani protokol kesehatan karena dilaksanakan dalam situasi Pandemi COVID-19.

“Sebelum kegiatan dimulai, kita laksanakan pengecekan terhadap semua peserta dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Kapten Safri.

Pada kesempatan ini para peserta mendapatkan beberapa materi pembekalan maupun praktek lapangan, antara lain, materi Empat Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Materi Sejarah Nasional Indonesia. Materi Paham Radikalisme dan Bahaya Laten Komunis dan juga Materi Proxy War atau Perang Proxy.

Peserta kegiatan juga melaksanakan Senam Pramuka yang dipandu oleh Satgas SWK, kemudian materi Outbound, Praktek Navrat dan Pioner, materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan tata cara penghormatan. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *