Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Gempa Aceh 5,3 M Tak Berpotensi Tsunami, Ini Penjelasan BMKG

1 min read

JAMBIDAILY NASIONAL-Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Aceh dan sekitarnya dini hari Sabtu (14/11/2020) dengan kekuatan 5,3 Magnitundo (5,3 M).

Gempa Aceh kali ini juga menjadi perbincangan warga Twitter sehingga menjadikan kata kunci ” gempa” sebagai salah satu topik yang paling banyak disebutkan pagi ini.

Banyak dari netizen yang menyebarluaskan informasi soal gempa, banyak juga yang menyampaikan doa bagi masyarakat Aceh dan berharap gempa tidak berkelanjutan.

Menanggapi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menyebut dalam analisisnya, bahwa gempa yang terjadi ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.

“Episenter terletak pada koordinat 5,58 LU dan 95,59 BT atau tepatnya di darat pada jarak 28 km arah Timur Laut Kota Banda Aceh, Aceh pada kedalaman 10 km,” kata Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Sabtu (14/11/2020).

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang diduga akibat adanya aktivitas Sesar Sumatra tepatnya pada Segmen Seulimeum. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault),” jelas Daryono.

Pihaknya juga menjelaskan, dari hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menyebutkan bahwa gempa ini tidak memicu potensi tsunami. Guncangan gempa dirasakan oleh masyarakat yang ada di Banda Aceh dan Lhokseumawe.

Hingga saat ini belum ada laporan masuk yang menyebutkan terjadinya kerusakan akibat gempa tersebut. Namun, gempa susulan terpantau terjadi hingga beberapa saat setelah gempa pertama berlangsung.

“Hingga pukul 01.41 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan M=3,1 pukul 01.44.48 WIB dan M=2,1 pukul 01.54.22 WIB,” sebut Daryono.(*)

Editor: Hery FR/Sumber : Kompas.com

BACA JUGA:  Fachrori Ikuti Upacara Penurunan Bendera Secara Virtual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *