19/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Angin Puting Beliung Hantam 8 Gudang dan 5 Rumah, Warga Diminta Waspadai Cuaca Ekstrim

2 min read

JAMBIDAILY PERISTIWA-Memasuki bulan Nopember hingga Desember 2020, warga diminta tetap waspada dari berbagai macam ancaman bahaya cuaca ekstrim.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi cuaca ekstrem dan curah hujan intensitas tinggi di 28 wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan termasuk wilayah Jambi, sumsel dan 26 wilayah provinsi lainnya di Indonesia.

Seperti musibah yang dialami warga  Dusun Selibar Kecamatan Pagaralam Utara, Minggu (12/11/2020) sekitar pukul 12.00 WIB,  terjadi angin puting beliung yang mengakibatkan  8 gedung dan 5 rumah warga Dusun Selebar pun mengalami rusak berat.

Dalam satu minggu terakhir ini, wilayah Kota Pagaralam diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Bahkan ada sejumlah wilayah yang mengalami terjangan angin puting beliung, seperti yang terjadi di kawasan Desa Selibar Kelurahan Selibar Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam Provinsi Sumsel.

Derasnya terjangan angin puting beliung menyebabkan sekitar 8 bangunan rusak parah. Terdiri dari 3 gudang yaitu gudang kopi dan beras serta 5 lima rumah warga setempat.

Erdiayansyah, warga Dusun Selibar mengatakan, kepada  wartawan, sekira pukul 12.00 WIB awalnya hujan rintik seperti biasanya. Namun selang beberapa waktu disusul hujan lebat dan angin kencang turun.

”Posisi kami semua ada di dalam rumah dan tanpa disadari atap rumah kami langsung terbang. Pada saat itu spontan kami berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri. Kami keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Sementara Lurah Selibar, Minardi dikonfirmasi melalui ponselnya sekitar pukul 19.00 Minggu (22/11) mengatakan sudah turun lapangan meninjau lokasi kejadian. Setelah mendapatkan laporan atas kejadian tersebut selain melapor ke Camat, PLN juga mendatangi lokasi kejadian serta pihak BPBD.(*)

 

 

BACA JUGA:  7 Kasus Baru Positif dan 3 Sembuh Covid-19 di Provinsi Jambi, Per 18 September

Editor : Hery FR

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *