Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Jadwal Hari Kedua Temu Teater Se-Sumatera di Taman Budaya Jambi

3 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Temu Teater Se-sumatera berlangsung 23-25 November 2020 di Gedung Teater Arena, Taman Budaya Jambi (TBJ) jalan Sei Arbai I, Sungaikambang, Telanaipura, Kota Jambi.

Kegiatan dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi melalui UPTD Taman Budaya Jambi, atas kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Selama kegiatan Temu Teater, tidak ada biaya masuk alias gratis. Namun penonton yang hadir itu terbatas, kami tidak menutup pintu gedung ketika sudah memenuhi batas aman sesuai ketentuan protokol kesehatan covid-19. Wajib masker sebelum masuk gedung kami siapkan sarana cuci tangan,” Tegas Didin Sirojudin S.Sn, kepala TBJ (Sabtu, 21/11/2020).

Berikut Pergelaran Hari Kedua (Selasa, 24/11/2020)

Batin Penghulu, Pukul: 14.00 wib

LUBANG JARUM

Sinopsis
Lubang jarum menyajikan cerita tentang tragedi lubang jarum di daerah renah pembarab, penambangan emas liar yang memakan banyak korban dan tidak ditemukan jenazahnya. Pada akhirnya alam rusak, kebahagiaan dan nyawa terenggut karna keserakahan semata. Bentuk karya ini disajikan dalam bentuk eksplore tubuh.

Pemeran: M. Hidayat, Windi Apriani Azhari, Ali Amin, Anisa Husti Wahyudi, Idham Khalid dan Avizka Hadid

Sutradara: Febra Muyu, S.Sn
Artistik: Bayu Kumara
Penata Musik : Ade Komo
Penanggung Jawab: Said Usman S.Pd, M.Kom


Teater Ujung Jabung, Pukul: 16.00 wib

PERAHU KUNO LAMBUR
Karya: Megawaty S.Pd

Sinopsis
Perahu Kuno Lambur menceritakan tentang penemuan sebuah Situs Kapal Kuno di Desa Lambur I Kecamatan MuaraSabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur provinsi Jambi. Penemuan pertama kali oleh penduduk berupa bilah-bilah papan kuno pada tahun 1995. Berdasarkan hasil temuan, maka pertama kali dilakukan percobaan eskavasi pada tahun 1997 oleh Balai Pelestari Cagar Budaya.

BACA JUGA:  Kabar Gembira Bagi Warga Jambi, Bahwa TVRI Jambi kini Bisa Ditonton Secara Digital

Hasil eskavasi dinyatakan bahwa bilah-bilah papan kuno itu teridentifikasi merupakan perahu kuno. Namun hasil temuan pada tahun 1995 belum diketahui bentuk utuh, berapa usia dan bagaimana sejarah yang melingkupinya masih menjadi misteri besar. Baru sekitar tahun 2019 berkat instruksi Bapak Bupati Tanjung Jabung Timur dilakukan eskavasi yang bekerjasam dengan arkeolog UI, Mahasiswa Unja dan masyarakat setempat.

Berdasarkan hasil eskavasi tepatnya tanggal 07 Agustus 2019 hasil akhir, arkeolog UI menyimpulkan bahwa Situs kapal kuno memiliki keunikan dan sejarah tersendiri. Salah satu keunikannya bahwa jenis dan model Perahu Kuno Lambur merupakan satu-satunya perahu yang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kapal lain seperti yang pernah diemukan di Indonesia.

Pemeran: M.Hakim Chasando, M.Halim Chasando, Desi Liana Sari, Nivia Sepriani, Regina Mawarni

Sutradara: EM Yogiswara
Artistik: Oliver Chelsea Sitanggang dan Aidul Rahman
Penata Musik : Dandi Al Fitra
Penanggung Jawab: Eva Supriani, S.Pd

Teater Potlot, Pukul: 19.30 wib

ANTROPOGENIK

Sinopsis
Sebuah presentasi kecil pergerakan transisi antara permukaan atau lapisan luar kerak bumi dengan atmosfer di bawah langit. Ada beberapa fragmen ekologi dan lanskap sebagai upaya merespons perubahan iklim dan pencemaran lingkungan akibat perilaku manusia.

Presentasi kecil ini seperti mengajak ke ruang probabilitas karya, sambil bersama membaca masa depan manusia dan bumi dalam kajian-kajian futuristik ilmu pengetahuan, yang berhadapan pada keyakinan dalam pijakan spiritualitas budaya.

Bagaimana perjalanan tubuh bumi dan manusia dari peradaban megalitikum sampai mekanika kuantum yang hadir dalam gerak modular sebuah peristiwa teater. Bagaimana prediksi-prediksi manusia post human dan anatomi trans humanism.

Dalam konteks perubahan iklim global dan meningkatnya temperatur bumi, serta proses tersekapnya pantulan radiasi matahari di lapisan atmosfer akibat polutan udara. Antropogenik mungkin menjadi diskursus ekologis para antropos hari ini yang ‘menghadirkan’ manusia tanpa ras, datang dari masa depan.

BACA JUGA:  Kadiv Humas Polri: Pariwisata Alam Dibuka, TNI-Polri Siap Mengawal Protokol Kesehatan

Script dan Sutradara: Conie Sema
Presentator: Sari Febri Andani, Sonia Anisah utami, Dandi Rianto dan Hasan
Manager Art visual: Yudi Semai
Penata Musik: Deje Dije
Riset dan Diskusi: T Wijaya
Fotografer: Humaidi Kenedi
Arsip dan Publikasi: Bisri Merduani
Manajer Produksi: Dian Maulina

 

(Hendry Noesae)

 

 

Hari Pertama, Temu Teater Sumatera 2020
Pergelaran Hari Pertama Temu Teater Se-Sumatera di Taman Budaya Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *