Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dandim 0419/Tanjab : Menwa adalah Kekuatan Sipil yang Dilatih untuk Mempertahankan Keutuhan NKRI

3 min read

JAMBIDAILY – Kodim 0419/Tanjab menaruh perhatian terhadap upaya generasi muda dalam pembentukan karakter dan bela negara sehingga turut memberikan kontribusi dalam menumbuh-kembangkan cita-cita perjuangan demi kepentingan bangsa dan negara. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer.

Menwa adalah salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer dan juga salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Hal tersebut disampaikannya Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto S. I. P, melalui rilis tertulisnya usai memberikan materi tentang Fungsi Staf dan Jalur Komando kepada 50 peserta Latihan Penyegaran Pimpinan (Latgarpim) Resimen Mahasiswa Sultan Thaha Provinsi Jambi di Aula Makodim 0419/ Tanjab Jl. Beringin Kel. Patunas Kec. Tungkal Ilir Kab. Tanjab Barat, Selasa (23/11/2020).

Dandim juga mengajak seluruh peserta untuk berbangga hati dalam menjalani Latihan Penyegaran Pimpinan (Latgarpim) selama di Makodim 0419/Tanjab.

“Diluar sana mereka (Mahasiswa) mungkin bisa melakukan apasaja, tetapi tidak semua mahasiswa dapat merasakan apa yang kalian rasakan, karena itu ikuti semua instruksi dari para pendamping kalian, para pelatih, para pembina, ikuti semua aturan-aturan yang disampaikan, karena pada dasarnya pemimpin yang dapat dicontoh adalah pemimpin yang dapat memberikan teladan kepada anak buahnya,” ujar Erwan Susanto..

“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai patriotik, cerdas, mental yang kuat serta leadership guna menunjang kemampuan dalam manajemen suatu organisasi”, jelasnya.

“Harapannya dengan latihan ini dapat terwujudnya hak dan kewajiban sebagai warga Negara, semangat dan selalu berbuat terbaik dalam usaha pembelaan negara”.

Pada pelatihan ini juga Dandim meminta kepada para pelatih untuk memberikan pembekalan dan keterampilan – keterampilan sesuai standar latihan yang telah ditetapkan sehingga mencapai sasaran yang maksimal.

BACA JUGA:  TNI dan Satgas Covid-19 Tanjabbar Cek Penumpang Kapal dari Batam

Latihan Penyegaran Pimpinan (Latgarpim) Resimen Mahasiswa Sultan Thaha Provinsi Jambi secara resmi telah dibuka oleh Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial MS, di Lapangan Makodim 0419/ Tanjab pagi tadi.

Bupati Tanjab Barat dalam sambutannya juga mengatakan bahwa Resimen Mahasiswa adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta.

Menwa juga merupakan salah satu komponen warga Negara yang mendapat pelatihan militer, dimana Menwa didirikan pada tahun dari tahun 1959 usia matang dalam mengawal kemajuan bangsa Indonesia, ujarnya..

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai patriotik, cerdas, mental yang kuat serta leadership guna menunjang kemampuan dalam manajemen suatu organisasi. Makna baret ungu yang dipakai oleh Menwa adalah mulia, berpengetahuan dan terpelajar menjadikan anggota menwa adalah orang yang terdidik.

“Harapannya dengan latihan ini dapat terwujudnya hak dan kewajiban sebagai warga Negara, semangat dan selalu berbuat terbaik dalam usaha pembelaan negara”, tegasnya.

Dengan kondisi pandemi covid sekarang ini tidak menjadi penghalang yang berarti untuk belajar dan menimba ilmu selalu laksanakan protokol kesehatan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan jaga jarak.

“Semangat berlatih dalam melaksanakan kegiatan ini dengan baik mulai dari acara pembukaan sampai dilaksanakan upacara penutupan latihan kembali”, pungkasnya.

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama kurang lebih 4 Hari terhitung mulai hari ini tanggal 24 Nopember sampai dengan tanggal 27 Nopember 2020.

Dalam melaksanakan pelatihan ini selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 agar terhindar dari wabah yang melanda Negara kita seperti sekarang ini, pungkasnya. (**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *